12 Tips Merawat Alocasia ala @dianayuch

/
12 Tips Merawat Alocasia ala @dianayuch

Halo #GengAlocasia mari berkumpul 🙂

Kali ini kita share tips merawat Alocasia dari kak @dianayuch nih. Penasaran kan, bagaimana sih perawatan Alocasia yang tepat? Sudah sering baca di sana-sini tapi masih suka gagal merawat Alocasia. Kita langsung aja simak tipsnya.

1. Penempatan

Keluarga Alocasia ini paling suka tempat dengan naungan. Terang tapi tidak terkena sinar matahari langsung serta berangin, juga kelembaban yang baik. Untuk Alocasia, sebisa mungkin hindari udara karena AC.

2. Posisi menentukan “Prestasi”

Ternyata istilah posisi menetukan prestasi itu tidak hanya di kelas atau saat ujian saja ya. Penentuan posisi tanaman juga berlaku.

Beberapa Alocasia seperti Alocasia Infernalis, Alocasia Cuprea dan lainnya yang memiliki warna daun gelap, perlu posisi yang pas, yaitu tidak terlalu bisa menerima sinar matahari walaupun sudah di bawah naungan.

Caranya adalah posisikan Alocasia jenis ini di belakang tanaman Alocasia lain yang bisa menghalangi sinar matahari, agar tidak terlalu strong.

3. Penyiraman

Sebelum menyiram, biasakan untuk mengecek media tanam. Pengecekan media tanam ini bisa diakukan dengan menggunaan lidi / sumpit yang dimasukkan ke 2/3 bagian media tanam lalu tarik kembali. Jika lidi / sumpit masih bersih ketika ditarik lagi, berarti sudah waktunya disiram.

Dari kak @dianayuch sendiri biasanya melakukan penyiraman 2 – 3 hari sekali. Misalnya hari Minggu pagi disiram, nanti penyiraman selanjutnya dilakukan di hari Rabu pagi. Penyiramannya dilakukan dengan siram basah tapi jangan sampai potnya tergenang. Pastikan air bisa keluar pot dengan lancar.

4. Pot Plastik

Untuk jenis Alocasia, kak @dianayuch pribadi lebih memilih pot plastik yang bisa menahan kelembaban dan lubang pot yang bisa kita tambah lubangnya jika dirasa kurang.

5. Cek Lubang Dasar Pot

Pemilihan pot juga sangat penting. Biasakan untuk mengecek bagian dasar pot karena ada beberapa produk pot yang bagian bawahnya belum dilubangi dari pabrik. Jadi pastikan pot yang akan digunakan sudah dilubangi dengan baik supaya air bisa mengalir dengan lancar.

6. Cek Daun Berkala

Lakukan pengecekan daun secara menyeluruh dari mulai permukaan sampai ke bagian bawah daun dan juga pangkal daun, karena hama seringnya tinggal di bagian bawah daun.

7. Waspada Serangan Spider Mites

Ini adalah musuh utama Alocasia. Tanaman jenis Alocasia sangat disukai Spider Mites. Jika Alocasia sudah terserang Spider Mites, daun yang hari ini masih berdiri tegak, esok harinya bisa jadi sudah kuning dan letoy. Bentuk Spider Mites sendiri berwarna hitam kemerahan dengan ukuran super kecil. Jika Spider Mites ini sudah muncul di daun, mereka kelihatan hanya seperti titik-titik hitam. Padahal sebenarnya mereka sedang melakukan pekerjaannya pada daun Alocasia kesayangan kita 🙁

8. Media Tanam Yang Tepat

Alocasia membutuhkan media tanam yang bsa menahan kelembaban tetapi juga harus punya porositas yang baik. Sebisa mungkin, hindari media tanam yang berat supaya akar bisa berkembang maksimal.

9. Repotting

Alocasia adalah salah satu jenis tanaman yang cukup gampang stress, apalagi jika pengiriman dari luar kota, sebaiknya jangan terburu-buru repotting. Biarkan mereka beradaptasi dulu di rumah baru selama minimal satu minggu.

Jika tanaman sudah beradaptasi dengan baik dan tidak ada keluhan, berarti sudah boleh repotting, dengan catatan tidak ada daun yang sedang tumbuh menggulung (unfurl) karena daun baru membutuhkan energi dan nutrisi.

Jadi jika ada daun yang sedang tumbuh menggulung saat repotting, maka energi dan nutrisinya akan terbagi dua sehingga pertumbuhan daun menjadi kurang maksimal. Tunggu sampai daun membuka sempurna sebelum melakukan repotting. Pada saat repotting, sertakan juga sedikit media tanam yang lama, agar tanaman tidak “kaget”.

10. Dormansi Alocasia

Dormansi Alocasia adalah keadaan dimana Alocasia yang memiliki umbi untuk bertahan hidup, sementara unsur hara terus berkurang. Maka Alocasia akan menggugurkan daunnya satu per satu. Jangan panik SELAMA umbi tetap segar, mereka akan bertahan dan melahirkan daun-daun baru.

11. Misting

Misting atau Spray sangat berguna untuk menjaga kelembaban dan mencegah Spider Mites karena mereka sangat suka permukaan daun yang kering.

Pada saat misting untuk menaikkan level kelembaban Alocasia, perhatikan untuk jangan sampai terlalu banyak. Karena jika terlalu banyak nanti akan membuat noda pada daun dan membuat batang Alokasia jadi menunduk. Jadi, pastikan misting secukupnya saja.

12. Kelembaban Alternatif

Pada beberapa case, ada tanaman yang membutuhkan kelembaban lebih. Seperti misalnya kak @dianayuch pribadi memiliki Alocasia Dragon Scale yang cukup rewel untuk kelembaban, jadi bisa disiasati dengan menambahkan lumut di atasnya agar kelembaban tetap terjaga. Tapi tentu saja ini tidak berlaku untuk semua Alocasia.

Kak @dianayuch juga menggunakan Coco Fiber (Sabut Kelapa) untuk keperluan foto saja, tidak digunakan secara terus-menerus. Jika digunakan terus-menerus, akan lebih susah dalam mengecek media tanam saat mau disiram atau untuk mengecek hama seperti Kaki Seribu yang kadang suka bersarang di bawahnya.

Wah lengkap sekali kan tips dari kak Dian Ayu tentang merawat Alocasia yang tentunya sangat bermanfaat bagi para pecinta Alocasia.

#GengAlocasia punya tips lain? Boleh banget share tipsnya di kolom komentar dan jangan lupa juga share di social media kalian, mention dan tag @plantstorycom dan @dianayuch juga yaa 🙂

0 Comments

Registration isn't required.



By commenting you accept the Privacy Policy

Latest Articles