• Arni Setiyani
    2 weeks

    Apa sih bedanya misting dengan menyiram?

    Hi all,
    Masih suka bingung nih, apa sih bedanya misting dengan menyiram? Kadang lihat orang semprot-semprot tanamannya setiap hari, apa tidak bikin over watering?
    Saya sudah punya beberapa tanaman yang akhirnya lonyot 🙁
    Mohon infonya. Thanks.

    • 1 Jawaban

      Beri Jawaban

    • PlantStory
      Oleh PlantStory
      2 weeks

      Best Answer

      Answer for Apa sih bedanya misting dengan menyiram?

      Halo, iya nih banyak yang masih salah kaprah antara misting dengan menyiram. Padahal beda lho, dan kalau salah frekuensinya memang bisa bikin lonyot. 

      Misting itu seperti membuat gerimis untuk daun. Tujuannya untuk memberi kelembaban pada daun. Soalnya hama terutama spidermites paling suka sama daun yang kering. Untuk misting, gunakan botol spray atau bisa juga pasang misting spray otomatis kalau ada dana lebih 🙂 Frekuensi misting bisa setiap hari nih untuk tanaman aroid dan philo2an. Tapi tetap disesuaikan dengan kondisi tanaman dan juga jenis tanamannya ya. 

      Nah kalau menyiram, itu memberikan air pada media tanam. Tujuannya untuk memberi asupan air pada akar tanaman. Makanya kalau siram yang baik itu yang sampai merembes ke bawah pot, supaya akar paling bawah juga kebagian airnya. Bisa gunakan watering can atau gayung biasa. Tapi jangan keseringan siram alias overwatering! Karena overwatering itu justru pembunuh tanaman paling ampuh 🙁 Frekuensi paling umum untuk menyiram tanaman dengan kondisi tropis amannya cukup 1-2 kali aja seminggu. Dan sekali lagi, sesuaikan dengan kondisi tanaman dan juga jenis tanamannya.

      Semoga cukup menjawab yaa. Silakan teman2 kalau ada pendapat lain mohon ditambahkan 🙂