Acalypha Hispida (Ekor Kucing)

Acalypha Hispida (Ekor Kucing)

Mungkin ada diantara kalian yang pernah mendengar tanaman ekor kucing. Ya, dikatakan ekor kucing karena tanaman ini memiliki bunga yang menyerupai ekor kucing. Nah, seperti apakah morfologi tanaman dengan nama ilmiah Acalypha hispida ini?

Ciri, Bentuk & Warna

Jika diklasifikasikan, tanaman ekor kucing menjadi seperti berikut. Kingdom : Plantae Divisi : Tracheophyta Kelas : Magnoliopsida Ordo : Malpighiales Famili : Euphorbiaceae Genus : Acalypha L. Spesies : Acalypha hispida Burm. F.

Akar

Tanaman ekor kucing memiliki akar tunggal dan berserabut. Kebanyakan orang mengetahui akar ini berwarna putih dan agak kotor, meskipun ada warna coklatnya. Akar ekor kucing berukuran kecil dan panjangnya bisa mencapai 1-2 meter untuk menyerap air dari dalam tanah.

Batang

Bagian tanaman ini tumbuh lurus ke atas dan bisa mencapai ketinggian 1-3 meter. Secara umum, batangnya berwarna coklat agak kehijauan dan disertai bentuk bulat. Dapat dikatakan bahwa batang tanaman ini sama dengan jenis tanaman lainnya, hanya saja sistem percabangannya yang sangat berbeda yaitu simpodial dan agak kasar.

Daun

Daun tanaman ekor kucing sangat unik yaitu berupa daun tunggal tunggal dan bertangkai panjang. Letak daun ini berselang-seling dengan helaian berbentuk lonjong. Ujung daun ekor kucing meruncing dan disertai pangkal daun tumpul. Sedangkan pada bagian tepi daun terlihat bergerigi. Pertulangan daun ekor kucing menyirip dengan panjang daun mencapai 12-20 cm dan lebar 6-16cm. Warna daunnya hijau.

Bunga

Bunga ekor kucing berkelamin satu, berbentuk seperti bulat memanjang menjuntai kebawah. Diameter bunganya haya 1-1.5 cm dengan panjang mencapai 20-50 cm berwarna merah. Bentuk bunga ini menyerupai ekor kucing sehingga disebut tanaman ekor kucing.

Buah dan Biji

Tanaman ekor kucing memiliki buah yang unik dan berbeda dari jenis tanaman lainnya. Secara umum, buahnya berbentuk lonjong atau oval, berukuran relatif kecil, dan berwarna hijau. Buah ini juga disertai dengan bulu. Didalam buah ekor kucing terdapat beberapa biji berukuran kecil berwarna putih agak kecoklatan.

Cara Menanam

Bagi Anda yang ingin memiliki tanaman ekor kucing, dapat menanamnya sendiri di rumah. Cara menanamnya sangat praktis dan mudah karena tanaman ini termasuk jenis rerumputan. Bunga rumput kucing juga mudah tumbuh. Cara perawatannya pun tidak perlu menghabiskan banyak biaya. Langkah pertama, sediakan bibit bunga ekor kucing terlebih dulu. Ada dua cara mendapatkan bibit bunga ekor kucing yaitu dengan menyemai biji bunga ekor kucing atau melalui stek batang. Jika ingin lebih praktis, Anda dapat membeli bibit bunga di toko tanaman hias. Jika bibit sudah siap, biarkan selama 6 bulan di media semai. Jika sudah, langkah berikutnya yaitu mempersiapkan media tanam. Ada berbagai macam media tanam yaitu pot atau di tanah langsung.

Tips Merawat

Apabila tanaman ekor kucing sudah berada dalam media tanam, pastikan untuk merawatnya setiap hari supaya dapat tumbuh dan keindahan bunganya tetap terjaga. Cara perawatannya sangat mudah. Anda hanya perlu memperhatikan penyiraman, nutrisi, dan menghindarkan tanaman ekor kucing dari hama maupun penyakit. Tips perawatannya, jangan terlalu banyak memberi air karena berisiko merusak bunga ekor kucing. Cukup siram secukupnya dan tidak terlalu sering. Letakkan tanaman ekor kucing di tempat yang terpapar sinar matahari supaya dapat berbunga. Jangan lupa, berikan pupuk setiap 2 minggu sambil dipangkas supaya tetap bersih. Terakhir, semprot tanaman dengan pestisida dan insektisida untuk menghilangkan hama yang ada.