Adam Hawa Ungu (Tradescantia Pallida)

Adam Hawa Ungu (Tradescantia Pallida)

Pernahkah Anda melihat tanaman hias dengan daun berwarna ungu? Saat memelihara tanaman hias, terkadang banyak orang tertarik karena keunikannya. Salah satunya daun yang berwarna ungu, karena lazimnya daun selalu berwarna hijau. Tidak lain lagi, tanaman hias tersebut adalah Adam Hawa Ungu. Berbeda dengan tanaman adam hawa pada umumnya yang memiliki nama latin Rhoeo Discolor, tanaman Adam Hawa Ungu ini memiliki nama latin Tradescantia Pallida dan dikenal dengan Purple Heart dalam bahasa Inggris. Seperti apa morfologi tanaman Adam Hawa Ungu? Simak terus ulasannya di bawah ini.

Ciri, Bentuk & Warna

Tanaman Adam Hawa Ungu yang sudah besar akan tumbuh menjalar di atas permukaan tanah. Bagian batang Adam Hawa Ungu memiliki banyak air dan daun agak tajam. Lebar daunnya mencapai 2.5 cm dengan panjang 7-12 cm. Hampir keseluruhan daun Tradescantia pallida berwarna ungu. Hanya saja, pada bagian bawah daunnya sedikit berwarna violet terang dan bayang-bayang merah muda. Inilah mengapa tanaman ini disebut Adam Hawa Ungu. Tradescantia pallida termasuk dalam famili Commelinaceae atau dikenal secara umum sebagai spider lily. Sebaran geografis Adam Hawa Ungu berasal dari Meksiko Timur dan banyak ditemukan pula di daerah Amerika Selatan, terutama Florida. Tanaman ini merupakan herbaceous perennial dengan ciri khas seluruh batang dan daunnya berwarna ungu serta bunga berwarna pink. Tinggi tanaman ini mencapai 30-45 cm dengan diameter batang sekitar 1.5-2 cm. Bentuk daun Tradescantia pallida berupa lancet berukuran 2.5-3.5 cm dan panjang hingga 15-20 cm. Sementara, bunga Adam Hawa Ungu hanya mekar di pagi hari, muncul diantara helai daunnya, dan berwarna pink keunguan.

Cara Menanam

Tanaman Adam Hawa Ungu dapat dikembangbiakkan melalui stek batang. Tradescantia pallida termasuk sebagai tanaman semi tropikal dan menyukai lokasi yang terkena sebagian paparan sinar matahari. Tanaman ini juga tidak bergantung pada satu jenis tanah, sehingga mudah beradaptasi pada berbagai jenis tanah. Apabila Tradescantia pallida diletakkan pada daerah yang terkena banyak sinar matahari, maka warna daunnya akan lebih mencolok. Lahan tanah yang cocok untuk pertumbuhan Tradescantia pallida yaitu memiliki pH 5.6-7.5. Karena keunikan warna daunnya, tanaman Adam Hawa Ungu ini sering dimanfaatkan sebagai tanaman pekarangan, tanaman hias gantung, hingga groundcover. Bagi Anda yang hendak menanam Tradescantia pallida, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya, karakteristik tanaman ini yang tumbuh baik pada tanah berpasir dan berbatu koral. Seperti yang telah disebutkan di atas, perbanyakan Adam Hawa Ungu dapat dilakukan melalui stek batang dan bisa juga melalui pemisahan anakan. Suhu yang tepat untuk tanaman ini yaitu antara 20- 23 derajat Celcius. Selain itu, pertumbuhannya akan semakin optimal dengan penyinaran sedang dan kelembaban yang tinggi.

Tips Merawat

Tradescantia pallida dapat tumbuh dengan baik apabila disiram dan dipupuk secara teratur. Paparan sinar matahari juga penting supaya warna ungu pada daun tetap cerah. Perlu Anda tahu, adanya warna ungu pada daun dan batang diakibatkan karena kandungan pigmen antosianin didalamnya yang dapat digunakan sebagai pewarna makanan alami. Untuk bibitnya, Anda dapat membuatnya secara mandiri melalui stek batang, pemisahan anakan, atau bisa juga beli ke toko bunga. Umumnya, tanaman ini mudah beradaptasi karena memiliki kecepatan tumbuh yang cepat. Selanjutnya, Anda bisa menanamnya pada media tanam pot, polybag, atau di tanah langsung. Bisa juga diletakkan pada media gantung untuk mempercantik rumah Anda.