Adenium sp. (Kamboja Jepang)

Adenium sp. (Kamboja Jepang)

Adenium sp atau lebih sering disebut Kamboja Jepang merupakan salah satu jenis tanaman hias yang begitu populer di kalangan pecinta tanaman hias. Penampilannya yang cantik membuatnya dikenal oleh masyarakat luas. Berasal dari daerah gurun pasir kering di dataran Asia Barat sampai Afrika, Kamboja Jepang juga dikenal sebagai Desert rose atau mawar padang pasir dengan klasifikasi berikut ini. Kingdom : Plantae Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan Berbunga) Kelas : Magnoliopsida (Berkeping dua/ dikotil) Ordo : Gentianales Famili : Apocynaceae Genus : Adenium Spesies : Adenium obesum (Forssk) Roem & Schult

Ciri, Bentuk & Warna

Adenium sp atau Kamboja Jepang dapat dikenali melalui karakteristik fisik atau morfologinya. 

Akar

Perakaran Kamboja Jepang memiliki bentuk yang membesar dan menyerupai umbian sebagai tempat menyimpan cadangan air atau makanan. Perakaran ini terkadang muncul di permukaan tanah ataupun di dalam tanah dengan kedalaman mencapai 30-60 cm dengan bagian dalam akar yang tampak mengembung.

Batang

Batang Adenium sp memiliki bentuk bulat memanjang, lunak, dan tidak berkayu. Batang Kamboja Jepang disebut juga batang sukulen yang dapat menggantikan perakaran atau membantu menyimpan cadangan air dan makanan pada tumbuhan.

Daun

Bentuk daun Adenium sp bervariasi tergantung jenis dan varietasnya. Mulai dari lonjong, bulat oval, kecil, meruncing, hingga berukuran besar. Selain itu, daun Kamboja Jepang juga memiliki bulu halus. Pertulangan daun ini menyirip dan tampak dengan warna kehijauan muda hingga tua.

Bunga

Inilah bagian organ Kamboja Jepang yang paling menarik. Pasalnya, bunga Kamboja Jepang memiliki bentuk unik menyerupai terompet dengan jumlah kelopak 5 helai. Selain itu, warna bunga Adenium sp juga beragam tergantung variasi dan varietasnya. Ada yang merah muda, keunguan, dan masih banyak lagi. Bunga ini dapat melakukan penyerbukan sendiri ataupun mendapatkan bantuan dari binatang di sekitarnya.

Cara Menanam

Adenium sp dapat tumbuh dengan baik asalkan kondisi lingkungannya sesuai. Oleh karena itu, penting memperhatikan cara menanam Kamboja Jepang yang benar, diantaranya Kamboja Jepang harus ditanam atau dibudidayakan di dataran rendah yang panas. Selain itu, Adenium sp harus mendapatkan sinar matahari langsung. Media tanam yang digunakan mudah menyerap air dan jauh dari tempat-tempat yang dingin. Persiapan pertama, buatlah bibit Adenium sp. Caranya, bisa menggunakan biji atau metode stek. Jika ingin lebih mudah, Anda bisa dapatkan bibit Adenium sp dari toko tanaman hias terdekat. Selanjutnya, jika bibit sudah siap, siapkan wadah tanam berupa pot atau lainnya dengan ketentuan diameter minimal sebesar 50 cm untuk menampung akar. Bahan pot yang baik terbuat dari plastik dan semen. Hindari penggunaan pot dari tanah liat karena mudah pecah karena terdesak oleh akar tanaman Adenium sp. Setelah pot sudah siap, buatlah media tanam dengan campuran pasir, arang sekam, pupuk, dan sekam mentah (2:1:2:1). Biarkan media tanam selama 10 hari terlebih dahulu terkena sinar matahari langsung. Sembari menunggu, buatlah lubang di pot sebagai tempat keluarnya air. Setelah 10 hari, tanamlah bibit Adenium sp sesuai ukurannya. Apabila bibit hasil metode stek, tanam hingga kedalaman setengah dari batang. Jangan lupa, sirami secara rutin untuk mengoptimalkan pertumbuhannya.

Tips Merawat

Perawatan Adenium sp sangat mudah. Untuk penyiraman, lakukan sesekali saja dengan cara disemprotkan. Kemudian, setiap 1 atau 2 bulan sekali, tambahkan pupuk ke dalam air untuk mendukung pertumbuhannya.