African Milk Tree (Euphorbia trigona)

African Milk Tree (Euphorbia trigona)

Common name Kaktus Katedral

Sumber foto: instagram post @bxmplants

Di masa pandemi seperti saat ini, tidak sedikit yang memilih untuk merawat aneka tanaman hias. Kegiatan berburu tanaman hias untuk tujuan koleksi ataupun dijual kini sangat meningkat. Apakah Anda salah satu pecinta tanaman hias? Kalau iya, Anda harus mengetahui tanaman hias satu ini yaitu. African Milk Tree (Euphorbia trigona).

Ciri, Bentuk dan Warna

African Milk Tree (Euphorbia trigona) atau sering disebut dengan nama Kaktus Katedral adalah jenis kaktus sukulen yang berasal dari benua Afrika. Tanaman ini dapat mentolerir cahaya matahari yang kuat dan tahan kekeringan, maka tak heran jika tanaman ini memiliki umur yang panjang dan dapat tumbuh sangat kuat.

Jenis tanaman satu ini memiliki tinggi mencapai 2,4 meter. African Milk Tree (Euphorbia trigona) memiliki batang tegak, tebal tiga sisi dengan duri di sepanjang tepinya. Batangnya berwarna hijau dengan jumlah cabang daun yang tumbuh ke atas serta berbentuk kecil-kecil yang akan membuatnya tampak unik.

Tanaman ini juga memiliki duri dan tumbuh tegak ke atas. Namun, perlu diketahui bahwa tanaman hias satu ini tidak memiliki bunga atau berbunga. Hal ini karena, kemungkinan tanaman ini merupakan salah satu tanaman hias hasil dari persilangan.

Cara Menanam

Nah, setelah mengetahui informasi mengenai ciri, bentuk dan warna tanaman Euphorbia trigona, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara menanam Euphorbia trigona di rumah dengan baik agar tidak cepat mati. Berikut ini tahapan menanam Euphorbia trigona yang bisa Anda coba di rumah.

  1. Siapkan alat-alat seperti penjepit, sendok teh dan sarung tangan
  2. Siapkan media tanaman kering
  3. Siapkan pot untuk kaktus.
  4. Masukan media tanam kering ke dalam pot  kaktus dengan menggunakan sendok teh.
  5. Ambil kaktus dengan menggunakan penjepit dan masukan ke dalam media tanam yang sebelumnya sudah disiapkan.
  6. Basahi media tanam dengan cara disemprot air, namun jangan sampai tanaman kaktus terendam. Cukup basahi secara ringan agar tanahnya tidak kering.
  7. Letakan tanaman di tempat yang cerah.

Cara Merawat

Setelah Anda mengetahui teknik menanam Kaktus Katedral, maka selanjutnya lakukan perawatan yang maksimal. Hal ini bertujuan supaya tanaman ini tumbuh subur dan terhindar dari hama pengganggu. Berikut ini tips merawat Euphorbia trigona yang tepat :

1. Pengaturan Cahaya

Euphorbia trigona merupakan tanaman yang menyukai cahaya, namun jika Anda meletakan di lokasi yang langsung terkena paparan sinar matahari, tanaman ini bisa terbakar. Maka dari itu, tempatkan tanaman ini di lokasi dengan sirkulasi udara yang baik.

2. Penyiraman

Lakukan penyiraman 2 kali dalam sebulan. Saat melakukan penyiraman, sebaiknya Anda menggunakan teknik menyiram setelah tanah mengering, jangan membiarkan tanah terlalu lembab atau air meluber. Hal ini untuk menghindari pembusukan akar, selain itu juga untuk meniru habitat asli tanaman ini yang cenderung kering dan gersang.

3. Pemberian Pupuk

Meskipun tanaman ini bukanlah tanaman yang serakah akan pupuk, namun tanaman ini tetap membutuhkan pupuk sebagai sumber nutrisi untuk bertahan hidup dan sebagai perangsang pertumbuhan. Anda dapat memberi pupuk pada tanaman ini setahun sekali.

Pilihlah pupuk yang sesuai seperti pupuk kandang, pupuk kompos dan pupuk NPK. Jangan memberikan pupuk secara sembarangan, karena hanya akan merusak tanaman ini. Berikan pupuk dengan cara menimbun pupuk di dalam media tanam agar pupuk tidak menguap dan memberikan hasil yang maksimal.

Nah, jika Anda ingin menanam African Milk Tree (Euphorbia trigona) silahkan terapkan teknik-teknik di atas. Maka, Anda boleh berharap tanaman hias ini akan tumbuh dengan cantik dan estetis.