Anggur

Anggur
Tanaman anggur merupakan salah satu jenis tanaman perdu yang termasuk ke dalam kategori Vitaceae. Tak hanya enak dimakan secara langsung, buah ini juga sering digunakan sebagai bahan pembuat minuman atau bahan pelengkap lainnya. Selain rasa yang segar dan manis, buah berbentuk bulat ini juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Hal ini berkat kandungan vitamin dan mineralnya yang cukup banyak, seperti asam folat, asam galat, mangan, glukosida, zat besi, kalsium, resveratrol, hingga polifenol. 

Ciri, Bentuk & Warna

Jika dilihat secara sekilas, buah anggur semua memiliki bentuk dan ciri-ciri yang sama. Namun jika dilihat lebih mendetail, tanaman merambat ini memiliki ragam jenis dan warna yang berbeda. Berikut adalah beberapa di antaranya :

Kyoho

Buahnya sebesar buah plum dengan ukuran biji yang lebih besar. Sementara kulitnya sendiri cukup tebal yang didominasi dengan warna hitam dan ungu gelap. Keistimewaan jenis ini terdapat pada rasanya yang manis tetapi sedikit asam, sehingga sangat segar untuk dikonsumsi.

Red Globe

Bentuknya bulat dengan ukuran sedikit lebih besar. Soal rasa tak perlu diragukan, saat digigit sensasi lembut dan renyahnya membuat pecinta buah sulit berhenti mengunyah.

Sweet Jubilee

Ukuran anggur sweet jubilee terbilang cukup besar dengan berat mencapai 1.500 gram/tandan. Sementara tekstur dagingnya, tebal dan mengkal dengan sensasi rasa manis yang pas.

Cotton Candy Grapes

Bentuk buahnya bulat sempurna dengan kulit berwarna hijau cerah. Sesuai dengan namanya, cotton candy grapes memiliki rasa mirip seperti gula kapas. 

Cara Menanam

Salah satu kemajuan yang patut disyukuri adalah budidaya buah anggur yang kini dapat dilakukan di rumah. Dengan mengikuti tahapan yang benar, maka bukan tidak mungkin tanaman ini tumbuh subur di halaman. Lantas bagaimana caranya?

1. Persiapkan Media Tanam

Media tanam merupakan kunci keberhasilan dari pertumbuhan tanaman anggur. Oleh karena itu, siapkan media tanam yang terdiri dari susunan tanah gembur, pasir, dan pupuk kandang. Takarannya dapat menggunakan perbandingan 1:1:1 atau tanah di sepertiga bagian bawah pot, sisanya pasir yang sudah dicampur pupuk.

2. Pemilihan Bibit

Untuk menghasilkan buah anggur yang bagus, pilihlah bibit yang berkualitas super. Selain melalui biji, bibit dapat dihasilkan melalui proses stek pada batang yang berdiameter minimal 1 cm. Namun, pastikan batang tersebut sehat, mulus (tidak ada bercak hitam), dan lembab. Ada baiknya lakukan konsultasi dengan pihak yang berpengalaman terlebih dahulu, agar mendapatkan bibit yang sesuai dengan lingkungan.

3. Penanaman

Agar tanaman anggur dapat tumbuh optimal, ada baiknya gunakan pot yang terbuat dari tanah. Lalu masukkan campuran media tanam yang sudah disiapkan ke dalam pot, diikuti dengan bibit. Buatlah tanah sedikit lebih tinggi, agar saat disiram tidak terlalu menyusut. Jangan lupa untuk memastikan tanaman mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Tips Merawat

Selain cara penanaman yang harus benar, perihal perawatan pun tidak kalah pentingnya. Jangan asal-asalan, apalagi tanpa prosedur yang tepat. Berikut adalah beberapa tips yang perlu dilakukan agar tanaman anggur tumbuh subur dan cepat berbuah :

1. Pengairan

Pada dasarnya, tanaman anggur merupakan tanaman tropis, sehingga tidak terlalu membutuhkan banyak air. Penyiraman dapat dilakukan dalam rentang 3-5 hari sekali, tergantung kondisi tanah. Jika sudah terlihat kering, boleh disiram.

2. Pemupukan

Saat penanaman bibit, tanaman sudah memiliki bekal pupuk, yaitu pupuk kandang. Sehingga pemupukan berikutnya dapat diberikan saat tanaman sudah berusia 4 bulan ke atas, atau saat musim semi tiba. Jika ingin lebih bagus lagi, lakukan pemupukan saat tanaman mulai menunjukkan tanda-tanda akan berbuah.

3. Pemangkasan Batang

Pemangkasan batang pokok perlu dilakukan, agar tanaman dapat tumbuh dengan maksimal. Hal ini dapat dilakukan saat tanaman sudah berusia kurang lebih 1 tahun. Pilih batang yang mudah dipatahkan dan memiliki kandungan air. 

Demikian sedikit ulasan mengenai jenis, cara menanam, hingga perawatan tanaman anggur yang baik dan benar. Semoga tulisan ini bermanfaat dan memicu semangat untuk bercocok tanam di halaman rumah. 

Trend Harga

0 Comments

Registration isn't required.



By commenting you accept the Privacy Policy

Latest Articles