Anthurium Gelombang Cinta Kecil

Anthurium Gelombang Cinta Kecil
Anthurium termasuk ke dalam genus tumbuhan yang terdiri dari sekitar 1.000 spesies tanaman berbunga, dari keluarga Araceae. Genus ini berasal dari Amerika, kemudian didistribusikan dari Meksiko utara ke Argentina utara. Anthurium gelombang cinta kecil pernah menjadi tanaman hias paling populer. Tidak peduli sampai harga yang fantastis, tanaman ini tetap diburu para pecinta tanaman hias. 

Anthurium gelombang cinta kecil mencapai puncaknya pada pertengahan tahun 2007. Banyak pemain tanaman hias yang mencari, terutama bibitnya. Satu pot bibit gelombang cinta dengan hanya dua daun, harganya sekitar Rp 35.000-Rp 40.000.

Ciri, Bentuk & Warna

Bentuknya yang memang sangat memukau, dengan daun besar lebar bergelombang menjadi poin utama bunga ini. Mungkin itu alasan mengapa dinamakan tanaman gelombang cinta. Gelombang daunnya yang indah membuat banyak orang jatuh cinta untuk memeliharanya.

Bentuk daunnya lebar, bergelombang, mempunyai bentuk urat daun yang menonjol dengan jelas. Daunnya berbentuk lonjong dan akan menjuntai lebih panjang saat sudah berusia. Warnanya hijau tua pada daun yang sudah besar dan tua. Daun tunas kecil yang baru muncul berwarna hijau muda.

Cara Menanam

Anthurium gelombang cinta kecil dapat diperbanyak dengan cara semai biji dan secara vegetatif, yaitu stek. Faktor penting keberhasilan penanaman tanaman ini adalah dengan memilih indukan berkualitas baik.

Persiapan bibit tanaman dilakukan dengan menggunakan metode perbanyakan, dengan menggunakan metode split. Metode split adalah metode dengan cara memisahkan bagian anakan, yang terbentuk dari bonggol tanaman, dengan indukannya.
  1. Pilih indukan yang bonggolnya sehat dan sudah memiliki tunas.
  2. Potong bagian tunas dengan pisau yang tajam.
  3. Jika tunas masih terlalu kecil, maka lebih baik menunggunya sampai muncul beberapa helai daun kecil.
  4. Rendam bonggol anakan yang sudah dipotong ke dalam larutan fungisida 5 g/l selama kurang lebih 15 menit.
  5. Persiapkan media tanam, berupa campuran humus, pasir, dan pupuk kandang. 
  6. Jangan lupa untuk memilih pot yang sesuai dengan besar bonggol bibit tanaman.
  7. Isi media tanam ke dalam pot yang sudah diberi pecahan genting dan batu bata di dasar pot, penuhi hingga ¾ bagian pot.
  8. Tanam bonggol hingga terlihat bagian tunasnya saja, pastikan akar bonggol tertutup dengan padat.

Tips Merawat

Anthurium gelombang cinta kecil yang masih berukuran bibit membutuhkan perhatian ekstra dibandingkan dengan ukuran lebih besar. Kondisi lingkungan dan perawatan yang tidak tepat akan menghambat pertumbuhan bibit, bahkan bisa mati. Berikut beberapa perawatan bibit yang dapat dilakukan:
  1. Penyiraman dilakukan tiga hari sekali. Batang bibit anthurium masih rentan membusuk akibat serangan cendawan, apalagi jika kelembapan tinggi. Bibit dapat roboh dan mati jika batangnya membusuk.
  2. Bibit anthurium yang baru memiliki 2-3 daun, tidak memerlukan pemupukan karena kondisi bibit masih belum stabil.
  3. Penyinaran juga penting untuk bibit anthurium gelombang cinta kecil. Kekurangan cahaya matahari akan mengakibatkan batangnya memanjang sehingga susunan daunnya tidak terlihat kompak (roset). Jemur di terik matahari setiap pukul 7.00-8.00 pagi, diatas jam tersebut, bibit sebaiknya diletakkan di bawah naungan paranet.
Sedangkan untuk anthurium gelombang cinta kecil yang sudah dewasa, tentu lebih mudah perawatannya. Harga jual bunga gelombang cinta ditentukan oleh keindahan daunnya. Oleh karena itu, perlu dilakukan perawatan rutin pada bagian daunnya, salah satunya dengan pengkilapan untuk mempertahankan kualitas dan harga jualnya. Langkah-langkah pengkilapan daun dapat dilakukan seperti berikut:
  1. Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah kain lap atau spons halus dan susu cair.
  2. Basahi kain lap atau spons halus dengan susu cair.
  3. Lap bagian daun anthurium gelombang cinta kecil dengan hati-hati agar tidak merusak daun.
Proses pengkilapan dapat dilakukan secara rutin 3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba. 

Trend Harga

0 Comments

Registration isn't required.



By commenting you accept the Privacy Policy

Latest Articles