Anthurium Mickey Mouse

Anthurium Mickey Mouse
Anthurium yang berasal dari wilayah tropis Amerika Tengah dan masuk ke Indonesia sekitar abad ke-18 di bawa oleh bangsa Belanda. Tanaman Anthurium adalah tanaman hias dari keluarga Araceae yang masih berkerabat dekat dengan Aglaonema, Philodendron, Keladi hias, dan Alokasia. Tanaman Anthurium digolongkan menjadi 2, yaitu berdaun indah dan berbunga indah. Tanaman Anthurium berbunga indah diantaranya adalah Anthurium Mickey Mouse. 

Tanaman berbunga ini bisa dijadikan alternatif sebagai tanaman indoor karena suka sekali berada di tempat yang terlindungi atau ternaungi. Termasuk tanaman hias yang biasanya dijadikan bunga potong. Perlu diketahui bahwa di dunia ada sekitar 1.700 varietas Anthurium jenis bunga yang dibudidayakan. 

Ciri, Bentuk, dan Warna

Tanaman Anthurium memiliki ciri, bentuk khas pada daun dan bunga dengan warna mencolok, menarik, dan eksotik. Seperti yang dimiliki oleh Anthurium Mickey Mouse. Selain sebagai tanaman hias ternyata tanaman Anthurium berfungsi untuk menyaring polutan dalam ruangan sehingga udara dalam ruangan bisa menjadi lebih sehat. 

Ciri 

Tanaman Anthurium merupakan tanaman yang bisa tumbuh sendiri pada media tumbuhnya (terrestrial), akan tetapi ada pula yang hidup menempel pada tanaman lain (epifit). Apabila di tanam di Indonesia akan dapat beradaptasi dengan baik di dataran tinggi 1.400 m dpl. 

Membutuhkan intensitas cahaya matahari antara 30-60 %, apabila intensitas terlalu tinggi tanaman akan menguning dan warna daun memudar. Jika, intensitas cahaya kurang akan berakibat pertumbuhan lambat, produktivitas bunga menurun, dan batang menjadi lunak. Berakar serabut berwarna putih cenderung gemuk berair. 

Bentuk

Tanaman ini umumnya daun berwarna hijau, ada pula yang kekuningan, semburat merah atau ungu kehitaman. Batang penopang tangkai ada yang berukuran pendek atau panjang. Untuk Anthurium Mickey Mouse bentuk daun oval dengan permukaan mengkilap. Tanaman ini berukuran kecil-kecil/kerdil/mini karena tidak dapat tumbuh tinggi lebih dari 50 cm. Bentuknya yang kerdil/mini disukai oleh pecinta tanaman hias untuk mempercantik ruangan.

Warna

Yang unik dari tanaman ini pada kelopak bunga mengkilap dan mekar berbentuk hati mirip burung flamingo dengan tongkol menyembul di bagian tengah melengkung seperti paruh burung. 

Tanaman Anthurium memiliki 3 bagian penting, yaitu selubung bunga (spate), tongkol bunga (spadik), dan tangkai bunga. Selubung bunga terdiri atas satu kelopak bunga yang mulanya menggulung melindungi spandik. Fungsi dari selubung untuk menarik perhatian serangga dan melindungi spadik. 

Tanaman Anthurium Mickey Mouse bagian seludung bunga bentuk dan warna yang bervariasi, yaitu merah, putih, pink, dan ungu. Bunga merupakan bunga sempurna dan berumah satu, namun tidak bisa melakukan penyerbukan sendiri karena bunga betina masak terlebih dulu dari bunga jantan. 

Untuk bunga betina yang sudah masak atau siap diserbuki akan mengeluarkan lendir yang berfungsi sebagai tempat melekatnya serbuk sari yang dibawa serangga, angin, atau manusia. Dapat berbunga beberapa kali sebulan. 

Cara Menanam

Tanaman Anthurium dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan bunga dengan kualitas bagus jika ditanam pada lingkungan dengan kelembaban cukup hangat dan teduh. Tanaman ini akan tumbuh dengan baik pada suhu 18-20 derajat celcius pada malam hari dan 27-30 derajat celcius pada siang hari. 

Cara menanam Anthurium Mickey Mouse adalah siapkan pot masukkan tanah humus dicampur dengan kompos beserta sekam padi, masukkan beberapa pecahan genteng lalu masukkan bibit tanaman dan terakhir timbun dengan tanah sisa tanam tapi tidak terlalu padat. Tidak lupa atas diberi pecahan genteng lagi.  

Tips Merawat 

Agar tanaman dapat tumbuh dengan baik perlu tips merawat yaitu, perhatikan media tanam yang baik, selalu melakukan sentralisasi (menjaga akar agar selalu bersih dari jamur atau hama dengan menjemur tempat yang digunakan agar tidak basah dan menambah furadan), atur pencahayaan dengan mengatur letak tanaman, dan melakukan penyiraman yang pas ( kapasitas air tidak terlalu banyak dan pada musim hujan tidak perlu disiram). 

Demikian informasi tentang tanaman Anthurium Mickey Mouse serta cara menanam dan merawat yang bisa dilakukan di rumah. Semoga bermanfaat.

Trend Harga

0 Comments

Registration isn't required.



By commenting you accept the Privacy Policy

Latest Articles