Bonsai Hingkip (Melati Jepang)

Bonsai Hingkip (Melati Jepang)
Bonsai Hingkip atau Melati Jepang adalah tanaman hias yang saat ini mulai dibudidayakan di Indonesia. Alasannya sederhana, karena tanaman mungil ini memiliki bentuk yang elegan dan eksotis. 

Dijamin, jika tanaman sudah tumbuh dengan baik Anda tidak akan bosan untuk melihatnya. Bahkan bonsai Melati Jepang ini bisa menambah kemegahan jika diletakkan di teras rumah. Pertanyaannya adalah seperti apakah bentuk tanaman ini?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut silakan dibaca ulasan berikut ini. Narasi yang terkait dengan bentuk, corak dan warna dari tanaman Bonsai Melati Jepang. Sedangkan di akhir nanti ada penjelasan tentang teknik budidaya dan perawatannya. Ini uraian selengkapnya:

Ciri, Bentuk & Warna

Tanaman Bonsai Melati Jepang memiliki ciri-ciri daun agak memanjang dengan ujung lancip tetapi tidak tajam. Jenisnya bertajuk daun ganda yang langsung menempel pada ranting dengan bentuk jalar yang tidak beraturan. 

Di antara helai daun dengan ranting ada tangkai kecil berukuran 1-2 cm saja yang menghubungkan antara keduanya. Sebab tangkai inilah, daun yang berwarna hijau tua bisa menempel pada ranting dengan kuat. 

Untuk akar pangkal tanaman memiliki diameter tidak terlalu besar hanya seukuran lengan anak kecil sedangkan di ujung seperti jempol. Karena akar bersifat majemuk maka jumlahnya tidak hanya satu melainkan banyak dengan bentuk tidak beraturan. 

Nah, jika Anda bisa mengolah akar tersebut tentu tanaman terlihat sangat menarik dan instagramable. Bahkan, karena akar inilah Bonsai Melati Jepang yang berwarna putih kecoklatan dijual dengan harga mahal. 

Yang unik lagi ada beberapa akar serabut yang mencuat keluar dari permukaan tanah. Warnanya putih dengan bentuk seperti tali yang menjulur ke segala arah. Ini juga menjadi alasan mengapa tanaman sangat kuat karena ternyata akar serabut beredar di dua arah. 

Cara Menanam  

Sekalipun termasuk tanaman hias yang mahal dan cantik, ternyata cara menanam Bonsai Hingkip/Melati Jepang tidak sulit. Bahkan, tekniknya tidak jauh berbeda dengan cara budidaya tanaman hias yang lainnya. Ini cara menanam yang bisa dicoba:

  • Sediakan pot berukuran besar untuk tempat persemaian
  • Masukkan campuran tanah dan pasir ke wadah dengan kadar 20 cm
  • Siramkan sedikit air agar tanah sedikit basah
  • Tancapkan bibit ke dalam wadah
  • Silakan disiram 2 kali sehari pagi dan sore hari. 
  • Letakkan bibit di bawah matahari dengan kadar 85%
  • Pindahkan bibit ke media tanam yang berisi tanah, pasir dan pupuk kandang 1:1
  • Lakukan Perawatan

Tips Merawat Bonsai Hingkip/Melati Jepang

Tumbuhan Bonsai Hingkip harus dirawat dengan baik. Pasalnya, tanaman Melati Jepang ini sangat rentan mati karena diserang hama. Oleh karena, itu silakan lakukan perawatan tanaman dengan teknik berikut:

1. Lakukan Penyiraman Rutin

Tanaman Bonsai Hingkip membutuhkan kadar air yang cukup banyak minimal sampai 3 bulan pertama pertumbuhan. Pasalnya, di usia tersebut tumbuhan masih belum bisa mencari asupan nutrisi sendiri dari hara tanah. 

2. Melakukan Penyiangan Setiap Satu Bulan

Langkah perawatan berikutnya adalah melakukan penyiangan dengan rutin minimal satu bulan sekali. Jangan sampai, di sekitar tanaman terdapat gulma karena bisa mengganggu proses penyerapan sinar matahari. 

Jika muncul rumput liar dan ilalang segera dicabut secepatnya. Karena jika tidak, akar dari gulma tersebut akan ikut menyerap nutrisi hara tanah sehingga nutrisi untuk tanaman bonsai menjadi terganggu. 

3. Lakukan Pemupukan Minimal Tiga Bulan Sekali

Pemupukan untuk tanaman ini yang bagus adalah di setiap tiga bulan sekali. Caranya dengan membuat lubang di sekitar tanaman lalu masukkan pupuk ke dalamnya dan ditimbun kembali. Ini untuk merangsang pertumbuhan bunga dan daun agar lebih sehat dan subur. 

Itulah review singkatan tentang tanaman Bonsai Hingkip/ Melati Jepang yang cantik dan elegan. Silakan terapkan cara-cara di atas jika Anda ingin bertanam bonsai berharga mahal ini.

Trend Harga

0 Comments

Registration isn't required.



By commenting you accept the Privacy Policy

Latest Articles