Calathea Black Lipstick

Calathea Black Lipstick
Tanaman hias yang ada di bumi ini memang beragam dan coraknya indah. Salah satu tumbuhan yang sangat cantik dan layak dibudidayakan adalah Calathea Black Lipstik yang kadang disebut tanaman Black Lipstik saja. 

Jika dibaca dari namanya, maka tumbuhan Black Lipstik ini sangat asing dan tidak begitu populer. Padahal jika dilihat dari bentuknya pasti banyak orang yang tertarik untuk menanamnya. Nah, atas hal tersebut, di bawah ini akan diulas secara singkat terkait tanaman lipstik hitam atau Black Lipstick. Ini ulasannya:

Ciri, Bentuk dan Warna

Tumbuhan Black Lipstik memang layak dikategorikan sebagai tanaman hias. Pasalnya, tumbuhan spesies calathea ini memiliki bentuk batang yang pendek sehingga cocok ditanam di pot maupun di polybag daripada di tanam di kebun apalagi di tegal. 

Bentuk batang bisa tumbuh hingga 50 cm saja dan sesuai dengan ukuran diameter daun yang berkisar antara 3-5 cm. Untuk bentuk daun dari Black Lipstick memiliki dua varian yaitu bulat utuh dan bulat telur (oval) yang semuanya menempel pada tangkai kecil berukuran 2-3 cm. 

Sebagian besar tanaman Black Lipstick memiliki warna dasar daun adalah ungu gelap yang jika tidak dilihat secara saksama terlihat seperti berwarna hitam. Yang unik adalah, terdapat garis guratan pada daun yang berwarna merah muda (pink) dengan motif yang sangat teratur. Bahkan guratan tersebut seperti dilukis pada ujung daun yang disekitarnya tidak terdapat bercak-bercak warna yang mengganggu. 

Perpaduan dua warna pada daun ini menjadi ciri khas dari tanaman Black Lipstik. Pasalnya, sulit ditemukan garis warna yang teratur di tanaman hias jenis lain apalagi gradasi-nya antara ungu gelap dengan warna merah muda yang terang. 

Cara Menanam  

Jika ingin menanam Calathea Black Lipstick pastikan tidak asal tanam bibit melainkan harus mengetahui cara penanaman yang baik dan benar. Pasalnya, hanya dengan penanaman yang benar potensi tanaman tumbuh dengan baik sangat besar. 

Karena alasan diatas, maka di bawah ini ada beberapa list cara menanam Bunga Black Lipstik yang tepat. Silakan dibaca dan dicoba ini uraiannya:
  1. Silakan persiapkan pot berdiameter 20-30 cm
  2. Setelah itu silakan masukkan tanah humus yang dicampur dengan kompos ke dalam pot atau polybag
  3. Lakukan penyiraman sedikit saja yang penting tanah menjadi basah dan gembur
  4. Letakkan di bawah sinar matahari langsung 
  5. Jika sudah berumur dua bulan lakukan pemupukan NPK Daun

Cara Merawat Calathea Black Lipstick

Setelah teknik menanam Black Lipstik yang sudah dijelaskan di atas sudah dilakukan, maka selanjutnya lakukan perawatan yang maksimal. Tujuannya supaya tanaman ini tumbuh subur dan terhindar dari hama pengganggu. Berikut tips merawat Black Lipstik yang tepat:

1. Lakukan Penyiraman Satu Kali sehari

Black Lipstik adalah tanaman yang tidak membutuhkan banyak air. Maka dari itu, untuk merawat tumbuhan silakan lakukan penyiraman satu kali sehari saja yaitu di pagi hari atau sore hari. 

2. Beri Pupuk NPK secara Rutin

Jangan lupa untuk memberi pupuk NPK secara rutin maksimal satu bulan sekali. Tujuannya ialah supaya asupan tersebut bisa memicu pertumbuhan daun sekaligus mencegahnya dari kelayuan dan daun ranggas. Karena jika bentuk daun sudah layu, tentu tanaman hias Black Lipstik tidak akan terlihat indah. 

3. Lakukan Penyiangan Tanaman

Terkadang di sekitar akar ditumbuhi tanaman hama pengganggu yang ikut menyerap nutrisi hara tanah. Jika masalah ini dibiarkan, akar Black Lipstik tidak akan berkembang bahkan bisa mati. Oleh karena itu, lakukan penyiangan dengan baik dengan cara mencabut tanaman hama yang ada di sekitar polybag. 

Nah, jika ingin bertanam Calathea Black Lipstick silakan terapkan teknik-teknik di atas. Baru Anda boleh berharap tumbuhan hias ini bisa tumbuh dengan cantik dan eksotis. 

Trend Harga

0 Comments

Registration isn't required.



By commenting you accept the Privacy Policy

Latest Articles