Monstera ‘Thai Constellation’

Monstera ‘Thai Constellation’

Sumber foto: @nuniektirta

Pilihan tanaman hias zaman sekarang memang begitu menakjubkan. Tak hanya dari segi keindahan tapi juga dari faktor harga. Seperti tanaman hias Monstera ‘Thai Constellation’ yang bisa mencapai harga puluhan juta. Berikut akan dibahas lebih jauh seperti apa karakter, cara menanam, hingga cara merawat tanaman hias yang begitu berharga ini.

Ciri, Bentuk, dan Warna

Jenis tanaman monstera memang sedang viral akhir-akhir ini. Bentuk daun yang begitu unik membuat banyak orang jatuh cinta dengan tanaman ini. Tanaman monstera itu sendiri pun ada begitu banyak variannya. Untuk jenis yang satu ini, Anda bisa mendapatkan bentuk daun yang lebar dan membelah di beberapa bagian sehingga membentuk tampilan daun menjari.

Sisi unik dari tanaman yang satu ini adalah warna daunnya. Daun dari tanaman ini memiliki warna hijau dengan bercak-bercak berwarna krem menuju putih. Warna dan tampilan daun semacam ini tentu tak bisa ditemukan dengan mudah. Keunikan inilah yang membuat varian monstera berikut begitu disukai banyak orang.

Pada awal tumbuhnya, daun tanaman ini memiliki ukuran yang lebar dan berbentuk menyerupai jantung. Daun kemudian akan membelah di beberapa titik dan menjari dengan indah. Selain punya warna unik, kelebihan lain dari tanaman ini adalah perawatannya yang tergolong mudah dibandingkan jenis monstera lainnya.

Cara Menanam

Penting sekali untuk melakukan penanaman dengan tepat agar monstera ini bisa tumbuh dengan baik. Berikut adalah cara menanamĀ Monstera ‘Thai Constellation’ yang dapat Anda lakukan.

1. Pemotongan Stek Batang

Lakukan pemotongan batang yang akan ditanam dari tanaman induk. Anda bisa memotong paling tidak satu ruas batang dengan daun dan pilih yang sudah memiliki akar angin. Kembangkan stek batang ini di media tanah atau bisa juga di dalam air. Jika sudah tumbuh akar dan daun baru, bisa dipindahkan ke media tanam yang sebenarnya.

2. Penanaman ke Media Tanam

Siapkan media tanam bisa berupa campuran sekam bakar, tanah gambut, dan pupuk kandang. Ambil stek batang yang sudah ditumbuhkan sebelumnya. Tanamkan stek batang yang sudah tumbuh akar tadi ke media tanam. Siram dengan air secukupnya.

Cara Merawat

Tanaman hias ini sebenarnya tidak membutuhkan perawatan yang sulit. Bahkan jika dibandingkan varian monstera yang lain, tanaman ini lebih bandel dan mudah dirawat. Berikut adalah metode perawatan yang dibutuhkan oleh tanamanĀ Monstera ‘Thai Constellation’.

1. Letakkan di Tempat yang Tepat

Tanaman monstera ini bisa hidup dengan baik di tempat yang banyak cahaya. Anda sangat disarankan untuk meletakkan tanaman ini di lokasi yang mendapat sinar matahari tidak langsung. Jangan menjemur tanaman monstera ini di tempat yang terpapar sinar matahari langsung karena bisa merusak daun.

2. Siram dengan Air

Akar dari tanaman ini tidak begitu menyukai air yang banyak. Anda disarankan untuk melakukan penyiraman secara rutin namun jangan sampai tanah terlalu lembap. Setelah melakukan penyiraman, sangat disarankan untuk mengangin-anginkan tanaman agar media tanam tidak begitu lembap.

3. Lakukan Pemangkasan

Tanaman ini sebenarnya tidak butuh pemangkasan yang terlalu sering. Namun, Anda bisa melakukan pemangkasan jika ditemukan daun yang rusak atau berubah warna. Selain itu, pemangkasan juga bisa dilakukan jika tanaman sudah terlalu rimbun. Tentu pemangkasan dilanjutkan dengan pembiakan ke media tanam yang baru.

Itulah sedikit informasi mengenaiĀ Monstera ‘Thai Constellation’. Tanaman hias yang satu ini punya pesona yang mengagumkan. Apalagi jika sudah tumbuh besar dengan dedaunan yang rimbun. Tanaman ini juga sangat cocok untuk diposisikan di dalam rumah sebagai tanaman indoor.

Kini kamu bisa dapatkan beragam kebutuhan bertanam kamu di marketplace plantstory!