Peperomia ‘Metallica’

Peperomia ‘Metallica’

Sumber foto: @plantisetjava

Peperomia ‘Metallica’ cocok menjadi pilihan untuk Anda yang suka dengan tanaman dengan warna unik. Peperomia ‘Metallica’ pilihan terbaik untuk dikoleksi sebagai tanaman hias yang antik di rumah. Anda bisa melakukan budidayanya dengan menerapkan langkah yang benar, dijamin tidak akan menyesal karena tanaman ini sedang booming. 

Ciri, Bentuk, dan Warna

Peperomia ‘Metallica’merupakan jenis Peperomia yang memiliki warna daun merah dan merak. Kombinasi warna yang membuat tanaman ini banyak diminati. Bentuk daun seperti oval yang ukurannya tidak terlalu besar ataupun kecil.

Bentuk batang Peperomia ‘Metallica’ukurannya kecil dan daunnya tumbuh hampir di sepanjang batangnya. Warna batang daunnya tidak seperti tanaman lainnya yang cenderung hijau, Peperomia ‘Metallica’memiliki warna batang yang kemerahan seperti warna daunnya. Tanaman ini cocok dijadikan tanaman hias yang menggunakan pot gantung atau pun pot biasa.

Cara Menanam

  1. Ambil batangnya dengan melakukan stek batang yaitu memotong cabang tanamannya.
  2. Buang bagian daun yang paling bawah
  3. Siapkan media tanam berupa sekam bakarnya di dalam wadah yang kecil.
  4. Lubangi media tanam agar batang tanaman bisa dengan mudah ditancapkan sedalam 1 sampai 2 cm.
  5. Letakkan di tempat yang teduh, nanti setelah dua minggu akar tanaman akan keluar.
  6. Setelah akar keluar, pindahkan Peperomia ‘Metallica’ ke pot yang diinginkan dengan media tanam yang digunakan sebelumnya.
  7. Rapatkan area sekitar media tanamnya agar tanaman bisa kukuh.

Cara Merawat

1. Kebutuhan Cahaya

Cara merawat Peperomia ‘Metallica’ dengan memenuhi kebutuhan cahayanya agar tanaman bisa memiliki daun yang cerah dan segar. Hanya saja cahaya yang diberikan bukanlah cahaya matahari langsung. Tanda tanaman ini kekurangan cahaya jumlah daunnya akan sedikit, warna daunnya menjadi kusam, dan mulai berguguran. Suhu yang disukai tanaman adalah hangat.

2. Kualitas Tanah

Kualitas tanah yang digunakan sangat penting agar tanaman ini bisa tumbuh dengan subur. Anda harus menggunakan tanah yang gembur, asam, dan padat. Media tanam Metallica mirip seperti tanaman Anggrek. Jangan lupa untuk menggunakan lumut gambut pada tanahnya.

Tanah yang digunakan perlu Anda pastikan memiliki drainase baik, sehingga bisa menjaga tanaman tetap tumbuh dengan subur. Tanah yang berkualitas juga bisa dicampurkan dengan gambut agar bisa menjaga kelembapan tanaman dan mencegah pembusukkan akarnya.

3. Proses Penyiraman

Selanjutnya perawatan tanaman yang tak kalah pentingnya dengan melakukan penyiraman saat tanah bagian atas tanaman terlihat kering. Kira-kira sekitar 2 sampai 5 cm tanahnya sudah mengering baru disiram.

Proses penyiraman dilakukan secara menyeluruh dan harus dipastikan ada air yang mengalir keluar dari bagian dasar potnya. Lakukan pemeriksaan kondisi tanahnya secara rutin setiap minggu. Seberapa sering penyiraman ditentukan dengan letak tanamannya.

Kondisi tanahnya jangan terlalu lembap karena bisa membuat tanaman ditumbuhi jamur dan akarnya membusuk. Tanda lain tanaman terlalu banyak air batangnya akan melayu dan warna daunnya akan menguning.

3. Pemindahan Tanaman

Peperomia ini juga termasuk tanaman dengan pertumbuhan yang lambat, namun tetap perlu dilakukan pemindahan tanaman ke ukuran media tanam yang lebih besar. Anda bisa mulai memindahkan tanaman saat sudah tumbuh rimbun di dalam satu pot.

Anda tentu bisa menanam Peperomia ‘Metallica’ secara perlahan mengingat cara menanamnya yang sangat mudah. Cara perawatannya pun tidak memerlukan banyak biaya terlebih tanaman ini tidak memerlukan pupuk berkala, selama Anda menjaga kualitas media tanamnya. Pantau kondisi tanaman secara rutin agar tidak mengalami masalah seperti terserang hama.

Ada tanaman yang membutuhkan pupuk cair atau dikenal dengan serum agar bisa tumbuh dengan subur. Caranya bisa dilihat langsung di Planstory dan Anda bisa mencari serumnya di marketplace PlanStory yang kualitas serumnya telah diakui dan memahami dengan baik cara penggunaan serum tanamannya.