Peperomia obtusifolia

Peperomia obtusifolia

Sumber foto: @teodorasplants

Peperomia obtusifolia sering pula disebut dengan Peperomia Green atau Peperomia Frost. Tanaman ini juga dikatakan sebagai tanaman hias abadi yang bisa hidup hingga 1 dekade. Katanya obtusifolia ini berasal dari Negara Brazil dan ada juga yang mengatakan dari Amerika. Tanaman hias ini dihargai mahal karena bentuk daunnya yang menakjubkan.

Ciri, Bentuk, dan Warna

Peperomia obtusifolia memiliki daun yang lebat dan mengkilap. Ciri bunga tanaman ini tidak terlalu mencolok karena yang dikenal dariĀ Peperomia obtusifolia adalah daunnya. Batang tanaman ini bisa memiliki tinggi sampai 30 cm, sehingga sering dikatakan tanaman semak. Bentuk daunnya bundar seperti telur, terkadang terlihat seperti jantung dengan bagian pucuk yang tumpul.

Bentuk daunnya tebal karena memiliki kandungan air yang tinggi. Daun berwarna hijau tua yang bagian permukaannya berkilau sepertiĀ  tanaman sukulen. Bentuk akarnya agak kecil dibandingkan tanaman lainnya. .

Cara Menanam

Menumbuhkan Peperomia obtusifolia

  1. Ambil potongan tanaman dari ujung batang dengan teknik stek.
  2. Campurkan tanaman ke dalam media yang berupa campuran tanah dengan lumut gambut. Pastikan kondisi kelembapannya terjaga, sehingga akar bisa tumbuh dan menempel dengan baik.
  3. Bisa juga dengan cara merendam potongan tanaman yang diambil ke dalam air bisa membantu proses penumbuhan akar menjadi lebih cepat.
  4. Letakkan tanaman di tempat yang terkena cahaya matahari, tetapi tidak secara langsung.

Cara Merawat

1. Penyiraman

Penting untuk melakukan penyiraman dengan cara yang tepat yaitu tidak dilakukan secara intens. Penyiraman hanya dibutuhkan sesuai kondisi media tanamnya yaitu setelah hampir mengering. Cek dengan mencucukkan lidi atau membenamkan jari sekitar 1 sampai 2 cm.

Jangan melakukan penyiraman secara berlebihan karena pengakarannya kecil. Penyiraman yang dilakukan dengan benar akan membantu tanaman ini terlihat bersih di bagian daunnya. Apa lagi jika diletakkan di dalam rumah kebersihan tanaman akan menambah keindahannya sebagai tanaman hias.

2. Menjaga Kelembapan

Tanaman ini akan tumbuh subur di tempat dengan iklim lembab. Langkah perawatannya dengan menjaga kelembapan sekitar 50%. Kelembapan bisa terjaga dengan tanah yang memiliki drainase karena terdiri dari campuran sekam bakar atau cocopeat.

3. Repotting Tanaman

Perawatan Peperomia ini yang tak kalah penting adalah melakukan repotting. Jangka waktunya hanya perlu dilakukan setahun sekali, tetapi jangan sampai dilewatkan karena ini penting untuk membuat sistem pengakaran tanaman tetap bisa tumbuh optimal.

4. Pemupukan

Tanaman hias ini juga butuh dilakukan pemupukkan secara rutin minimal dua kali setahun melalui tanah. Direkomendasikan pemupukkan dilakukan tiga kali dalam setahun agar tanaman bisa tumbuh dengan rimbun.

5. Pemangkasan

Saat tanaman ini tumbuh dengan subur perawatan berupa pemangkasan perlu dilakukan. Frekuensinya bisa disesuaikan dengan kondisi tanaman. Pemangkasan tentu saja sangat bermanfaat untuk membuat tanaman lebih rapi dan sekaligus membuang daun-daun yang kering atau layu.

6. Melindungi dari Hama

Hama yang datang akan membuat tanaman menjadi rusak bahkan bisa membuat tanaman Peperomia mati karena membusuk. Anda perlu melakukan penyemprotan racun hama agar tanaman bisa tumbuh subur. Lakukan pengecekan apakah ada serangga di area sekitar tanaman atau tidak untuk memastikan risiko terkena hamanya.

Peperomia obtusifolia merupakan salah satu tanaman hias yang sedang populer untuk ditanam. Peperomia ini memiliki daya tahan yang lama dan bagus untuk diletakkan di depan pintu masuk rumah. Tanaman ini bisa Anda letakkan di pot yang berukuran besar, sehingga dapat tumbuh dengan optimal.

Buat Anda yang baru mulai belajar untuk merawat tanaman bisa melihat berbagai tips seputar berkebun. Jika ingin berbagi ke teman-teman yang juga baru memulai minat di tanaman bisa Anda berikan perlengkapan tanaman yang unik dan menggemaskan dari marketplace kami.