Peperomia obtusifolia variegata

Peperomia obtusifolia variegata

Sumber foto: @leafygreens_

Peperomia obtusifolia variegata merupakan tanaman Peperomia yang dikenal dengan nama lainnya sebagai tanaman wajah merica. Tanaman ini biasanya dijadikan taman di tengah rumah agar memiliki udara yang sejuk. Banyak juga dijadikan tanaman yang ditanam di teras rumah. Cocok sekali dijadikan tanaman hias untuk yang tinggal di perkotaan.

Ciri, Bentuk, dan Warna

Ciri tanaman ini memiliki tinggi yang bisa mencapai 1 kaki. Bentuk kultivarnya kerdil lebih kecil. Peperomia obtusifolia variegata memiliki warna hijau yang mendominasi dengan kombinasi kuning. Ciri tanaman ini tumbuh meninggi ke atas tanpa menyebar ke bagian samping tunasnya. Jadi, kesuburan tanaman dilihat seberapa banyak daunnya di setiap batang.

Cara Menanam

  1. Sediakan wadah minimal diameternya 20 cm. Bisa berupa pot atau polybag disesuaikan dengan keinginan untuk meletakkan tanamannya nanti.
  2. Siapkan media yang terdiri dari campuran tanah subur, sekam, dan pupuk organik dengan perbandingan yang sama. Pastikan tanah yang digunakan memang cocok untuk Peperomia ini.
  3. Bibitnya bisa didapatkan dengan membelinya atau melakukan stek batang.
  4. Di awal penanaman lakukan penyiraman 2 kali sehari dan setelahnya cukup 1 kali dua hari atau disesuaikan dengan kondisi tanahnya.
  5. Letakkan tanaman dengan intensitas cahaya matahari maksimal sebanyak 25% untuk di awal penanaman. Anda bisa meletakkannya di dalam rumah.
  6. Setelahnya letakkan tanaman ini dengan intensitas terkena cahaya matahari lebih banyak minimal 50%. Posisi yang bisa diletakkan jika di indoor dekat dengan sinar matahari adalah jendela.

Cara Merawat

1. Pencahayaan

Perawatan yang paling awal dimulai dari pencahayaan tanamannya. Pastikan tanaman terkena cahaya secara tidak langsung dan rentan waktunya pun tidak terlalu lama. Sebab terlalu banyak terkena cahaya matahari akan membuat terjadinya perubahan warna pada daunnya.

2. Penyiraman

Penting sekali untuk melakukan penyiraman dengan benar dalam merawat Peperomia obtusifolia variegata. Penyiraman dilakukan tidak terlalu sering dan pastikan kondisi tanah memang sudah mulai mengering, tetapi jangan sampai terlalu kering baru disiram karena terlanjur membuat tanaman menjadi mati.

3. Kondisi Media Tanam

Selanjutnya perawatan tanaman ini dengan memperhatikan kondisi media tanamnya. Pastikan tanah yang digunakan tidak terlalu lembap begitu selesai disiram tanah tidak membuat air tergenang. Sebab, risikonya bisa membuat bagian akar tanaman ini menjadi busuk.

Selain itu, kualitas tanah akan mempengaruhi pH. Tanah yang bagus untuk jenis Peperomia ini adalah bisa yang sedikit asam, sedikit basa, atau pun yang netral pHnya. Disarankan untuk penggantian media tanam 6 bulan sekali.

4. Pemupukan

Cara perawatan yang tak boleh ketinggalan adalah pemupukkan tanaman. Pupuk yang digunakan disarankan dalam bentuk cair. Pemberian pupuk setiap 3 minggu sekali, terkhususnya di saat musim kemarau. Cara pemberiannya dengan mengoleskan pupuk langsung ke tanah.

Jenis pupuk yang direkomendasikan adalah pupuk NPK yang membantu penumbuh akar menjadi lebih cepat, ini biasanya untuk di awal-awal penanaman. Pupuk untuk pertumbuhan daun dan bunga agar bisa mekar adalah pupuk growmore. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan tanaman.

5. Pemangkasan

Tanaman ini dalam perawatannya juga perlu pemangkasan agar daunnya bisa tumbuh lebih lebat. Pemangkasan juga untuk membuang daun-daun yang mati atau pun layu. Pemangkasan disesuaikan dengan kesuburan tanaman.

Peperomia obtusifolia variegata ini cocok untuk Anda yang suka koleksi. Anda tinggal melakukan perawatan dengan intens untuk mendapatkan tanaman yang tumbuh dengan lebat atau rimbun. Pastikan membeli pupuk yang kualitas terbaik untuk mendukung pertumbuhan. Gali terus informasi seputar perawatan tanaman yang update agar bisa semakin mahir.

Bercocok tanam merupakan salah satu hobi baru yang bisa dicoba selama pandemi ini. Info seputar bercocok tanam bisa Anda akses di PlanStory. Jika membutuhkan berbagai perlengkapan menanam bisa didapatkan di marketplace kami.