Petai (Parkia speciosa)

Petai (Parkia speciosa)

Sumber foto: rimbakita.com

Tak hanya jengkol, petai juga merupakan salah satu tanaman yang menghasilkan buah dengan bau menyengat. Tanaman yang memiliki nama latin Parkia speciosa ini banyak tumbuh di Indonesia, khususnya di wilayah Barat. Masyarakat sering memanfaatkan petai untuk diolah menjadi berbagai sajian yang lezat. Berikut ulasan singkat mengenai Petai (Parkia speciosa).

Ciri, Bentuk dan Warna

Pohon petai merupakan tanaman yang bisa tumbuh hingga ketinggian 25 meter. Namun rata-rata hanya sekitar 5 – 20 meter. Petai merupakan tanaman yang berumur lama hingga bertahun-tahun. Percabangannya cukup banyak, pepengnya berwarna abu-abu agak kecokelatan atau kemerahan dan memiliki bintik-bintik.

Petai memiliki daun majemuk dengan sistem pertulangan menyirip lengkap. Jumlah sirip daun petak sebanyak 3 – 10 pasang. Sama seperti daunnya, bunga petai berkelopak majemuk. Bunganya tumbuh secara bergerombol dan membentuk tangkai yang panjang.

Setiap bongkol kelopak bunga tersusun atas 80 – 100 kuntum. Bunganya tampak seperti bola dengan warna putih hingga putih kekuningan. Diameter bunganya berukuran 12 – 21 mm dan tumbuh pada tangkal dengan ukuran 2 – 5 cm.

Cara Menanam

Tanaman petai dapat tumbuh baik di dataran hingga ketinggian 700 mdpl. Batang pohon petai yang tumbuh pada musim basah sering kali dihinggapi lumut dan benalu. Sedangkan saat musim kering tumbuhan petai sering kali terserang penyakit busuk batang Corstisum sp yang memiliki ciri miseliumnya berwarna merah jambu.

Mengingat hal tersebut, penting bagi Anda untuk mengetahui cara menanam Petai (Parkia speciosa) dengan benar agar tanaman petai dapat tumbuh baik. Berikut beberapa cara menanam petai agar tubuh baik dan cepat berbuah.

  1. Buat lubang dengan ukuran 50 cm x 50 cm x 40 cm.
  2. Isi lubang dengan pupuk kompos matang atau pupuk kandang sebanyak 20 – 30 kg,
  3. Masukkan bibit secara perlahan ke dalam lubang.
  4. Gunakan bibit okulasi yang sudah setinggi 60 – 80 cm.

Cara Merawat

Cara perawatannya juga perlu diperhatikan agar tanaman petai dapat tumbuh dengan maksimal dan cepat berbuah. Hal ini bertujuan agar tanaman petai dapat tumbuh subur dan terhindar dari hama pengganggu. Berikut beberapa cara merawat pohon petai yang baik dan benar.

1. Berikan Pupuk dengan Kandungan Tertentu

Hal utama yang membuat tanaman petai tidak tumbuh dengan baik adalah kandungan unsur haranya yang kurang. Meski demikian Anda juga perlu berhati-hati, sebab proses kimiawi lainnya juga bisa saja mengalami kesalahan saat pemberian pupuk. Jadi pastikan selalu berikan pupuk sesuai dengan kandungan yang dibutuhkan tanaman.

2. Pastikan Air Tidak Menggenang

Air merupakan salah satu komponen terpenting yang bisa membantu proses fotosintesis tanaman. Meski demikian penting untuk selalu memperhatikan kelembapan tanah di sekitar tanaman petai. Kondisi tanah yang lembap membuat kalium dan fosfor mampu membantu proses pembentukan dan pengisian buah agar berlangsung sempurna. Anda bisa melakukan penyiraman sebanyak 2 kali dalam satu hari.

3. Antisipasi Datangnya Hama

Sebelum petai dapat berbuah sempurna, pastikan tanaman petai sudah mengeluarkan bunga terlebih dahulu. Sebab kesuksesan proses pembuahan yang terjadi juga ikut mempengaruhi hasil panen agar lebih baik dan sempurna.

Salah satu caranya adalah dengan mengantisipasi hama agar tidak menyerang kelopak bunga. Beberapa hama yang sering muncul seperti ulat, serangga, kutu penghisap sel, dan semut. Langkah antisipasi yang bisa dilakukan adalah penyemprotan obat.

4. Bantu Proses Reproduksi

Membantu proses reproduksi tanaman petai juga penting dilakukan. Hal ini bertujuan agar tanaman petai bisa berbuah sebelum bunganya rontok. Jika membantu proses reproduksinya maka bunga bisa langsung ke tahap pembuahan.

Itu dia beberapa cara menanam dan merawat tumbuhan Petai (Parkia speciosa). Penting untuk melakukan perawatan lebih awal agar tanaman petai dapat tumbuh dengan baik dan berbuah banyak. Ingin menanam pohon petai? Pastikan untuk selalu menerapkan beberapa teknik di atas.

Suka dengan topik artikel ini? Anda juga bisa mencari tahu tentang bagaimana penggunaan humus yang tepat di PlantStory. Dapatkan humus dan pine bark terbaik untuk tanaman petai dan berbagai tanaman lainnya hanya di Humus / Pine Bark sekarang juga.