Philodendron ‘Brazil’

Philodendron ‘Brazil’

Sumber foto: @arnistyan

Memilih tanaman hias untuk dijadikan koleksi sepertinya sekarang semakin sulit. Hal ini disebabkan oleh banyaknya ragam tanaman hias yang bermunculan. Semua terlihat menarik dan bisa mempercantik halaman rumah. Salah satunya adalah tanaman Philodendron ‘Brazil’ atau yang dikenal juga dengan nama Sirih Brazil. Berikut akan dibahas lebih lengkap mengenai jenis tanaman hias yang manis ini.

Ciri, Bentuk, dan Warna

Tanaman hias ini dikenal mirip dengan tanaman sirih dan bertumbuh dengan cara merambat. Jika Anda ingin menanamnya, maka pastikan ada ruang yang cukup bagi daun-daun tanaman ini untuk merambat. Bentuk daunnya juga menyerupai daun sirih namun ada yang unik yaitu bagian warnanya. Daun ini memiliki perpaduan warna hijau dan kekuningan.

Perpaduan warna pada daun Philodendron ini membuatnya terlihat unik dan menarik. Sekilas mungkin akan terlihat sama dengan tanaman sirih lainnya, namun perpaduan warna yang terlihat membuat tanaman ini lebih istimewa. Sementara itu jika dilihat dari ukurannya, tanaman ini memiliki ukuran daun yang tidak begitu besar.

Philodendron jenis ini menyukai lingkungan hidup yang lembap. Tanaman ini sering dijadikan sebagai penghias kamar mandi atau toilet karena memang cocok diletakkan di tempat tersebut. Selain itu, jika Anda menyukai tanaman indoor maka Sirih Brazil ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai pilihan.

Cara Menanam

Tanaman Sirih Brazil ini tergolong mudah untuk ditanam dan diperbanyak. Berikut adalah cara menanam Philodendron ‘Brazil’ yang dapat Anda lakukan di rumah.

  1. Siapkan pot dan media bisa berupa air atau tanah gembur.
  2. Siapkan bibit tanaman Sirih Brazil, biasanya didapatkan dalam bentuk potongan node atau buku daun yang berpotensi mengeluarkan akar.
  3. Masukkan tanaman Sirih Brazil ke dalam air atau tanam di media tanah dalam pot.
  4. Berikan perawatan berupa kecukupan sinar matahari dan siram air secara rutin.

Cara Merawat

Tanaman hias yang satu ini sebenarnya tidak membutuhkan metode perawatan yang rumit. Berikut adalah langkah mudah merawat Philodendron ‘Brazil’ agar tumbuh subur.

1. Berikan Cahaya

Tanaman ini memang bisa bertahan hidup dengan baik dalam tempat yang minim cahaya matahari. Namun perlu diketahui bahwa ia tetap membutuhkan cahaya matahari untuk bisa bertumbuh. Letakkan tanaman ini di tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung. Terlalu banyak paparan sinar juga bisa menyebabkan warna daun menjadi kecokelatan.

2. Siram dengan Air

Lakukan penyiraman secara rutin karena jenis tanaman ini termasuk suka area hidup yang lembap. Minimal lakukan penyiraman sebanyak 3 kali dalam seminggu. Pastikan untuk memeriksa kondisi tanah dan jangan sampai mengering karena bisa menyebabkan tanaman menjadi layu.

3. Berikan Pupuk

Pemupukan juga perlu dilakukan untuk menjaga kesuburan tanaman ini. Anda bisa memberikan pupuk kandang, pupuk kompos, NPK setiap 1 hingga 2 bulan sekali. Pemberian pupuk juga harus dilakukan sesuai aturan dosis agar tidak berlebihan bagi tanaman.

4. Ganti Media Tanam

Jangan lupa mengganti media tanam secara berkala. Hal ini dilakukan agar tanaman tetap mendapat media tanam yang berkualitas dan bernutrisi. Jika Anda menggunakan media air, maka isi ulang air secara rutin agar tanaman ini tidak kekeringan. Saat tanaman sudah tumbuh subur dan menjalar jauh, Anda bisa melakukan pemotongan dan dipindahkan ke pot yang lain.

Itulah tadi informasi singkat mengenai tanaman hias Philodendron ‘Brazil’. Tanaman ini menjadi pilihan tepat bagi Anda yang menyukai keindahan di dalam ruangan. Namun tak ada salahnya juga untuk menempatkan tanaman hias ini di halaman luar. Poin yang paling penting untuk dipikirkan adalah berikan media yang tepat dan cahaya yang cukup bagi tanaman.

Kini kamu bisa dapatkan beragam kebutuhan bertanam kamu di marketplace plantstory!