Philodendron ‘Burle Marx’

Philodendron ‘Burle Marx’

Sumber foto: @gerandis

Tanaman hias berwarna hijau pekat dan terlihat begitu subur pasti disukai oleh banyak orang. Inilah yang bisa Anda dapatkan dari jenis tanaman Philodendron ‘Burle Marx’. Tanaman hias yang satu ini termasuk ke dalam family Araceae dan berasal dari daerah Amerika Latin. Berikut akan dibahas lebih lengkap meliputi karakter tanaman hingga cara perawatannya.

Bentuk, Ciri, dan Warna

Tanaman hias ini memiliki sifat tumbuh merambat dan memiliki batang sukulen yang ukurannya kecil. Tinggi tanaman bisa mencapai 2 meter dan ukuran daunnya terhitung kecil apalagi dibandingkan jenis Philodendron yang lain. Warna daunnya hijau tua dan permukaannya memiliki tampilan mengilat.

Daun tanaman ini berbentuk oblong, memanjang dan ada lekukan di bagian pangkal daun. Menyerupai bentuk jantung namun dengan proporsi yang memanjang. Tulang daunnya menyirip dan panjang daun berukuran 10 hingga 15 cm. Bentuk daun dan karakternya yang mengilat membuat daun ini sekilas mirip dengan daun talas.

Jenis tanaman ini tumbuh menggerombol dan bisa merambat. Biasanya tanaman ini digunakan sebagai salah satu bagian dari vertical garden karena sifat merambat tersebut. Philodendron jenis ini juga banyak dipilih sebagai tanaman indoor karena estetikanya.

Cara Menanam

Jika Anda tertarik memiliki tanaman ini sebagai salah satu koleksi, maka segera tanam di rumah. Berikut adalah cara menanam Philodendron‘Burle Marx’ yang dapat Anda ikuti.

  1. Siapkan media tanam berupa campuran pasir, tanah, dan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1:1.
  2. Siapkan bibit tanaman yang akan ditanam, biasanya berupa bonggol yang sudah membentuk akar.
  3. Masukkan tanaman ke dalam media tanam lalu padatkan.
  4. Siram dengan cukup air.

Cara Merawat

Teknik perawatan yang tepat akan membantu tanaman ini untuk tumbuh dengan subur. Berikut adalah langkah merawat Philodendron ‘Burle Marx’ yang dapat Anda lakukan.

1. Berikan Cahaya Matahari

Tanaman ini membutuhkan cahaya matahari agar bertumbuh subur. Namun, jangan letakkan tanaman di bawah sinar matahari langsung. Paparan sinar matahari langsung bisa menyebabkan munculnya noda cokelat di permukaan daun. Letakkan tanaman di lokasi yang cukup terang namun tidak terpapar cahaya secara langsung.

2. Siram Air

Philodendron jenis ini membutuhkan air dalam kadar normal, tidak terlalu banyak juga tidak terlalu sedikit. Cukup pastikan media tanam tidak kering. Saat menyiram tanaman, pastikan jangan sampai meninggalkan genangan karena bisa memicu pembusukan.

3. Pemupukan

Anda juga bisa memberikan pupuk ke media tanam dari Philodendron ini. Jenis pupuk yang dipakai bisa NPK dan pilih jenis yang slow release. Pastikan juga pupuk yang dipakai memiliki kandungan nitrogen yang tinggi. Pemberian pupuk bisa dilakukan sebanyak 1 kali setiap minggu atau 1 kali dalam 2 minggu.

4. Jaga Kebersihan

Daun tanaman ini memiliki permukaan yang mengkilap. Akan jauh lebih baik jika Anda selalu menjaga kebersihan dari tanaman ini. Bersihkan debu yang menempel dengan lap lembut yang dibasahi sedikit air.

5. Ganti Media Tanam

Penggantian media tanam perlu dilakukan untuk memastikan tanaman tetap mendapat nutrisi yang cukup. Paling tidak lakukan penggantian media tanam setiap setahun sekali. Jika dibutuhkan, ganti juga pot yang dipakai untuk memfasilitasi tanaman tumbuh lebih subur.

Itulah tadi informasi singkat mengenai karakter, cara merawat, hingga cara menanam Philodendron ‘Burle Marx. Tanaman hias yang satu ini bisa menjadi pemanis yang sempurna untuk rumah Anda. Anda bisa meletakkannya di halaman rumah dan pastikan untuk memilih posisi yang teduh. Selain itu bisa juga diletakkan di dalam rumah sebagai tanaman indoor.

Kini kamu bisa dapatkan beragam kebutuhan bertanam kamu di marketplace plantstory!