Philodendron ‘Compacta Congo’

Philodendron ‘Compacta Congo’

Sumber foto: @lecheplants

Tanaman hias dari kelompok Philodendron memang selalu memiliki pesona dan banyak diminati. Salah satunya adalah jenis Philodendron ‘Compacta Congo’. Jenis tanaman yang satu ini memiliki bentuk fisik yang menarik dan sangat simpel. Cocok sekali dijadikan sebagai tanaman indoor apalagi perawatannya juga tidak membutuhkan langkah yang rumit.

Ciri, Bentuk, dan Warna

Tak heran jika tanaman hias ini memiliki banyak peminat. Philodendron yang satu ini memang memiliki tampilan daun yang unik dan sangat cantik. Ukuran daunnya tidak terlalu besar namun cukup tebal. Warna daun dari tanaman ini adalah hijau tua dan bagian permukaannya mengilat.

Jika dilihat secara keseluruhan, tanaman ini memiliki bentuk yang sebenarnya sangat sederhana. Namun kesederhanaan dari tanaman ini justru memancarkan pesona tersendiri. Karena simpel itulah banyak yang menilai bahwa tanaman ini sangat cocok untuk diletakkan di dalam ruangan.

Tangkai daun dari tanaman ini berukuran pendek sehingga membuat bentuknya terlihat sangat compact. Saat daun tumbuh subur maka tanaman ini bisa terlihat begitu rimbun namun tetap tidak memakan banyak ruang. Cocok sekali dijadikan sebagai pemanis meja kerja atau meja di ruang tamu.

Cara Menanam

Tanaman hias yang satu ini bisa ditanam dengan sangat mudah. Berikut adalah cara menanam Philodendron ‘Compacta Congo’ yang dapat Anda lakukan di rumah.

  1. Siapkan pot dan media tanam bisa berupa campuran pakis, sekam, dan pupuk kandang.
  2. Siapkan bibit tanaman yang biasanya berupa bonggol atau tunas yang sudah muncul akar.
  3. Masukkan bibit tanaman ke media tanam dan padatkan.
  4. Siram dengan air secukupnya.

Cara Merawat

Tanaman philodendron secara umum memiliki karakter yang hampir sama sehingga cara perawatannya pun tak jauh berbeda. Berikut adalah cara merawat Philodendron ‘Compacta Congo’ agar bisa bertumbuh subur.

1. Berikan Cahaya Matahari

Tanaman hias ini bisa hidup dengan baik jika mendapat cahaya matahari yang cukup. Namun, jangan membiarkan tanaman berada di bawah sinar matahari langsung. Jemur tanaman di tempat terbuka namun tetap mendapat naungan agar tidak langsung terpapar sinar.

3. Siram Cukup Air

Lakukan penyiraman secara rutin agar tanaman tidak kering dan layu. Paling tidak Anda bisa menyiram tanaman ini 3 hari sekali. Pastikan jumlah air yang diberikan cukup, tidak kurang maupun lebih. Kelebihan air juga bisa menyebabkan tanaman busuk dan mati.

4. Lakukan Pemupukan

Pemberian pupuk tentu sangat dibutuhkan agar tanaman ini bisa tumbuh dengan subur. Anda bisa menggunakan pupuk NPK untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman. Pemupukan bisa dilakukan paling tidak 2 bulan sekali untuk membuat tanaman tumbuh dengan baik.

5. Bersihkan Daun dari Debu

Helai daun dari tanaman ini memiliki tampilan berkilap. Jika terkena debu maka tampilan tersebut akan hilang dan tanaman jadi tidak terlihat indah lagi. Pastikan Anda membersihkan debu yang menempel secara rutin. Pembersihan tanaman bisa dilakukan memakai lap berbahan lembut yang sudah diberi air.

6. Ganti Media Tanam

Lakukan penggantian media tanam secara berkala. Jika media tanam sudah terlalu lama digunakan maka nutrisi yang terkandung di dalamnya akan semakin berkurang dan habis. Jika tak diganti maka tanaman bisa semakin layu dan akhirnya mati. Oleh karena itu ingatlah untuk selalu mengganti media tanam demi memfasilitasi tanaman agar tumbuh semakin subur.

Tanaman Philodendron ‘Compacta Congo’ menjadi pilihan tepat bagi Anda yang menyukai jenis tanaman indoor. Ukurannya yang tidak terlalu besar juga membuat Philodendron ini cocok dijadikan sebagai hadiah. Perawatan yang tepat akan membuat tanaman ini tumbuh subur dengan indah.

Kini kamu bisa dapatkan beragam kebutuhan bertanam kamu di marketplace plantstory!