Philodendron ‘Corcovanda’

Philodendron ‘Corcovanda’

Sumber foto: @swastikanohara

Dalam beberapa tahun terakhir dan bahkan sekarang, Philodendron telah menjadi tanaman favorit sebagai tanaman indoor dan interior ruangan. Ada banyak spesies Philodendron yang masing-masing dicirikan oleh bentuk, ukuran dan warna daunnya. Salah satunya adalah Philodendron ‘Corcovanda’.

Beberapa spesies ada yang merambat dan yang tumbuh seperti semak. Ciri umum dari semua Philodendron adalah kemampuannya untuk tumbuh dalam berbagai kondisi lingkungan. Sehingga perawatannya sangat mudah. Untuk lebih jelasnya mengenai tanaman hias satu ini, simak ulasan di bawah ini.

Ciri, Bentuk dan Warna

Secara umum, ada tiga ciri utama dari Philodendron Corcovanda. Pertama, daun dari tanaman hias ini berwarna hijau pekat. Kedua, tulang daunnya terlihat lebih jelas. Ketiga, kepala daunnya mirip telinga kelinci yang merapat.

Cara Menanam

Anda dapat menumbuhkan Philodendron dengan tiga cara sederhana berikut ini:

1. Stek batang

Jika Anda mempunyai teman yang mengoleksi tanaman Philodendron yang sehat, Anda bisa memotong batang dari Philodendron.

Tahapan menanam Philodendron menggunakan stek batang sebagai berikut:

  1. Potong 7,5 cm di bawah simpul batang daun dan buang bagian bawah daun dekat potongan.
  2. Agar batang yang dipotong tidak berjamur, disarankan untuk dilap dengan fungisida.
  3. Tanam pada substrat yang sudah disiapkan berupa sisik, sisik bakar, akar pakis dan pupuk kandang dengan perbandingan 2: 1: 1: 1.
  4. Biasanya daun baru muncul dalam 2 minggu.

2. Stek Bonggol

Langkah-langkah menanam Philodendron dengan stek bonggol:

  1. Siapkan tanaman philodendron yang sudah tumbuh (ujung bawahnya panjang).
  2. Pangkas kuncup sekitar 6-7 cm.
  3. Rendam potongan dalam larutan fungisida hingga 20 menit, lalu saring.
  4. Tanam bibit dalam pot kecil berisi larutan nutrisi.
  5. Tempatkan pot di tempat teduh.
  6. Siram secara teratur dan daun muda akan muncul dalam beberapa minggu.

3. Pemisahan Anakan

Beberapa jenis Philodendron membentuk rumpun dan menghasilkan anakan. Anda dapat memperbanyak Philodendron dari pohon-pohon ini. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk menumbuhkan Philodendron dari anakan:

  1. Pilih anakan yang sudah memiliki akar sendiri (tidak lagi bergantung pada persediaan makanan induknya), ditandai dengan stek philodendron yang tumbuh hingga 4-5 helai daun.
  2. Gunakan cutter/pisau tajam untuk memotong pangkal batang.
  3. Oleskan fungisida ke batang yang sudah dipotong dari stek.
  4. Tanam di tanah tanam yang subur.
  5. Taruh di tempat teduh.

Cara Merawat

Untuk merawat tanaman hias ini agar dapat tumbuh sehat dan menampilkan pesona terbaiknya, Anda bisa mengikuti cara merawat Philodendron ‘Corcovanda’ berikut ini.

1. Tingkat Pencahayaan

Faktanya, semua jenis philodendron dapat berkembang di semua tingkat pencahayaan. Namun, tanaman ini menyukai paparan sinar matahari tidak langsung yang cerah. Ini karena tanaman ini menyukai tanaman merambat dan memanjat batang pohon atau tanah dalam suasana yang sedikit teduh.

Oleh karena itu, jika Anda melihat banyak daun yang menguning, itu mungkin karena terlalu banyak paparan sinar matahari. Namun, jika hanya 1 atau 2 daun yang menguning, mungkin ini proses alami yang tidak perlu Anda khawatirkan.

Untuk mendapatkan pencahayaan yang tepat, Anda bisa menggunakan lampu khusus untuk menerangi bagian gelap rumah.

2. Penyiraman

Menyiram Philodendron ternyata sangat sederhana, membiarkan permukaan tanah mengering di sela-sela penyiraman. Namun, jangan biarkan terlalu mengering karena tanaman hias ini tumbuh cukup cepat.

Tumbuh dengan cepat, tanaman ini suka kelembaban. Pastikan menggunakan pot dengan lubang khusus agar tanah tidak basah dan kelebihan air bisa mengalir dari dasar pot. Dengan cara ini tanaman akan lebih tenang dan bahagia.

3. Pemupukan

Kunci merawat tanaman ini adalah pemupukan secara teratur. Ini karena Philodendron tumbuh sangat cepat. Mereka akan membutuhkan semua energi yang mungkin untuk terus tumbuh secepat mungkin.

Saat pertumbuhan tanaman mulai melambat, itu mungkin pertanda bahwa tanaman telah membakar semua pupuk dan inilah saatnya untuk melakukan pemupukan kembali.

4. Media Tanam

Tanaman ini cepat haus, tetapi juga tidak bisa duduk di tanah basah terlalu lama. Oleh karena itu, Anda membutuhkan tanah atau substrat tanam yang dapat menahan air dalam waktu yang lama, namun tidak sepenuhnya basah atau memadat saat basah dalam waktu yang lama.

Campuran tanah palem adalah pilihan yang sangat baik untuk Philodendron. Ini menahan air dengan baik, tetapi tidak menggumpal, berkat oksigen yang mencapai akar setiap saat.

Seperti itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang tanaman hias Philodendron ‘Corcovanda’. Mulai dari ciri-ciri khasnya, cara perbanyakan hingga bagaimana merawat tanaman hias dari keluarga Philodendron agar tumbuh optimal.