Philodendron ‘Dragon’

Philodendron ‘Dragon’

Sumber foto: @swastikanohara

Philodendron ‘Dragon’ adalah spesies tropis yang indah dari keluarga tumbuhan Araceae. Tanaman ini berwarna hijau besar berbintik-bintik keemasan yang menarik. Mereka biasa digunakan untuk menghias ruangan sebagai tanaman hias indoor, serta membuat permintaan pasar meningkat.

Philodendron ini pertama kali tersebar dari Amerika Utara, Tengah dan Selatan. Namun, kini sudah menyebar di daerah tropis di dunia karena tanaman ini sangat erat kaitannya dengan iklim dan lingkungan yang hangat. Selain itu, perawatan tanaman hias ini juga terbilang sangat mudah. Sehingga peminatnya sangat banyak sekali.

Ciri, Bentuk dan Warna

Strukturnya yang menjadi ciri khas dari Philodendron ‘Dragon’ adalah ukuran daunnya. Mereka memiliki daun besar, berwarna hijau tua. Sementara, batangnya juga dilapisi dengan lapisan hijau tua yang sama. Karena daun berwarna hijau tua ini, umumnya terlihat seperti tanaman hijau tua dengan daun yang terkadang memiliki rona keemasan.

Philodendron jenis ini berukuran kecil hingga sedang. Panjangnya biasanya 15, 20 atau 30 cm. Namun, dengan perawatan yang tepat, mereka bisa tumbuh hingga 50-65 cm. Daun Philodendron selalu berwarna hijau yang subur menghiasi ruangan dengan indah setiap saat sepanjang tahun.

Cara Menanam

Mudah sekali untuk membudidayakan tanaman ini. Anda hanya memerlukan bibit tanaman hias ini, gunting dan media tanam yang sudah dimasukkan ke pot. Untuk perbanyakan yang lebih baik, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pucuk sepanjang 8-15 cm dipotong dengan alat tajam. Lebih baik memangkasnya tepat di atas daun lain di batang yang sama.
  2. Sisakan beberapa daun bagian atas batang.
  3. Tempatkan batang di media tanam yang sudah Anda siapkan dan pastikan daun berada di luar media tanam.
  4. Simpan di bawah sinar matahari tidak langsung yang terang, seperti ambang jendela atau meja di dekat jendela.
  5. Batang baru akan bertunas dalam dua minggu ke depan, dan akhirnya akan berubah menjadi daun.
  6. Sekarang cabut batangnya, keluarkan dan letakkan di media tanam dalam pot baru.
  7.  Tanaman baru akan mekar dengan anggun dan indah dalam beberapa hari.

Cara Merawat

Untuk merawat tanaman Philodendron ‘Dragon’ Anda membutuhkan tanah lembab yang diperkaya dengan bahan organik karena menyediakan lingkungan terbaik untuk berbunga dan penyangga yang dapat membantunya tumbuh. Untuk lebih jelasnya mengenai cara merawat tanaman hias ini, simak penjelasan di bawah ini.

1. Kebutuhan Air

Karena tanaman ini ditanam pada kondisi tanah yang lembab, maka perlu dilakukan penyiraman secara rutin terutama pada musim tanam. Tetapi setelah menumbuhkan Philodendron ini, tidak perlu sering-sering disiram.

Mereka hanya membutuhkan air saat substrat mengering. Analisis dapat dilakukan dengan menyentuh permukaan tanah 3 cm bagian atas, dan jika kering tanaman disiram.

2. Media Tanam

Tanah yang sangat terhidrasi dan kaya akan organik diperlukan untuk pertumbuhan Philodendron jenis ini. Tanah harus memiliki drainase yang baik, seperti campuran aroid yang biasanya mencakup sabut kelapa, kulit kayu pinus, perlit sedang, karbon aktif, dan lumut sphagnum. Tanaman harus dijauhkan dari tanah yang sangat basah, sangat kering atau berpasir.

3. Sinar Matahari

Tanaman ini tumbuh dengan baik dengan 70-85 persen sinar matahari. Mereka membutuhkan cahaya terang untuk tumbuh. Namun, jangan biarkan tanaman ini terkena sinar matahari secara langsung karena sinar matahari langsung dapat merusak daun tanaman ini.

Mereka toleran terhadap cahaya redup, jadi lebih baik menempatkan spesies ini di tempat teduh atau ruangan yang cukup terang di mana sinar matahari menjangkau secara tidak langsung.

4. Pemupukan

Pemupukan bisa dilakukan tiga kali setahun, dan pupuk serba guna bekerja dengan baik dalam hal ini. Anda bisa memberikan pupuk cair seimbang yang mengandung makronutrien untuk tanaman hias.

Pupuk dengan mutu yang rendah dan murah tidak boleh digunakan untuk budidaya ini, karena pupuk dengan kandungan garam yang tinggi akan merusak akar dan akhirnya menyebabkan tanaman mati.

Itu dia beberapa informasi mengenai Philodendron ‘Dragon’ yang berguna jika Anda ingin membudidayakan tanaman hias dari keluarga Araceae ini. Dengan menerapkan langkah-langkah menanam dan bagaimana cara merawat tanaman hias ini, akan menghasilkan tanaman hias yang indah.