Philodendron Heartleaf (Philodendron cordatum)

Philodendron Heartleaf (Philodendron cordatum)

Sumber foto: @swastikanohara

Philodendron ‘Heartleaf’ (Philodendron cordatum) adalah tanaman hias yang indah dengan daun berwarna hijau zamrud berbentuk hati. Tanaman ini menjadi daftar tanaman hias favorit karena mudah dirawat dan tahan terhadap berbagai kondisi pencahayaan.

Seperti kebanyakan tanaman Philodendron, Heartleaf tumbuh subur dalam cahaya terang yang tidak langsung. Namun, tanaman ini juga akan beradaptasi dengan ruangan dengan pencahayaan rendah hingga sedang. Untuk lebih jelasnya mengenai tanaman satu ini, simak ulasan di bawah ini.

Ciri, Bentuk dan Warna

Philodendron ‘Heartleaf’ (Philodendron cordatum) sebenarnya tanaman yang jarang digunakan sebagai tanaman hias. Tanaman ini berasal dari daerah kecil di pantai tenggara Brasil, dekat Rio de Janeiro dan São Paulo. Ini adalah spesies epifit dan epilitik Philodendron (tumbuh di pohon atau bebatuan).

Philodendron ini biasanya merupakan tanaman merambat dan hidup dibawah naungan. Jika daun tanaman ini tertelan, itu beracun bagi manusia dan kebanyakan hewan. Tanaman ini memiliki daun berwarna hijau tua berbentuk hati yang biasanya tumbuh 2 hingga 3 inci dengan bintik-bintik putih pada daun yang lebih dewasa.

Nama tanaman ini sering keliru diterapkan pada tanaman hias Philodendron hederaceum yang populer, Philodendron ivy. Meskipun cordatum berarti berbentuk hati, serta kedua spesies tanaman ini memiliki daun berbentuk hati, nama spesies ini tidak dapat diterapkan pada philodendron ivy.

Cara Menanam

Meskipun jarang digunakan sebagai tanaman hias, buat Anda yang tertarik untuk menjadikan Philodendron cordatum sebagai tanaman hias, Anda bisa menyimak cara membudidayakan tanaman ini.

Untuk memperbanyak tanaman ini, Anda bisa menggunakan metode stek batang. Namun, sebelum itu, siapkan terlebih dahulu alat dan bahannya, seperti pisau atau cutter yang tajam, Media tanam dan juga tanaman Philodendron cordatum yang siap dibudidayakan.

Berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk stek batang Philodendron cordatum.

  1. Potong 7,5 cm di bawah ruas batang daun dan buang bagian bawah daun dekat potongan.
  2. Agar batang yang dipotong tidak berjamur, disarankan untuk dilapisi dengan fungisida.
  3. Tanam pada substrat yang sudah disiapkan berupa sekam, arang sekam, akar pakis dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1:1.
  4. Siram dengan air secukupnya.
  5. Biasanya daun baru muncul dalam waktu 2 minggu.

Cara Merawat

Untuk merawat Philodendron cordatum, yang dibutuhkan hanyalah sedikit cahaya, sedikit air, dan sedikit cinta, dan itu akan tumbuh dan berkembang. Di bawah ini adalah spesifikasi dalam merawat tanaman ini.

1. Cahaya Matahari

Meskipun heartleaf lebih menyukai sinar matahari tidak langsung, tanaman Philodendron cordatum akan tumbuh bagus di hampir semua kondisi pencahayaan. Bahkan area yang kurang terkena sinar matahari, meskipun daun akan menyebar lebih banyak dan warnanya tidak akan cerah dan berkilau.

2. Kebutuhan Air

Berasal dari Karibia, sepertinya tanaman ini sangat menyukai lingkungan yang lembab. Saat musim panas, jaga agar tanah tetap lembab tetapi tidak terlalu basah. Sedangkan di musim penghujan, biarkan media tanam sedikit mengering. Anda bisa menyemprot daun dengan air dan menggosoknya dengan kain untuk menghilangkan debu.

3. Media Tanam

Semua media tanam bisa Anda gunakan, asalkan mempunyai drainase yang bagus..

4. Pemupukan

Anda tidak perlu menggunakan pupuk yang mahal untuk kebutuhan nutrisi tanaman satu ini. Cukup gunakan pupuk standar untuk tanaman dalam ruangan. Anda hanya perlu mengikuti petunjuk untuk jenis tanaman yang Anda pilih.

5. Pemangkasan dan Peremajaan

Pastikan Anda menyiramnya tepat sehari sebelum Anda berencana untuk menanamnya kembali. Ini mengurangi stres dan membuat transisi lebih mudah.

Meskipun Philodendron ini biasanya tidak memerlukan banyak pemangkasan, sekarang adalah waktu yang tepat untuk memangkas pertumbuhan yang terhambat, memangkas hingga panjang yang diinginkan, dan memeriksa busuk akar. Pisahkan akar dengan hati-hati untuk merangsang pertumbuhan baru.

Dengan mengetahui bagaimana ciri-ciri, bentuk dan warna dari Philodendron ‘Heartleaf’ (Philodendron cordatum) akan memudahkan Anda untuk membedakan tanaman ini dengan spesies lain dari Philodendron yang mempunyai ciri fisik yang hampir sama.