Philodendron ‘Jungle Boogie’

Philodendron ‘Jungle Boogie’

Sumber foto: @greendream_garden

Tanaman Philodendron menjadi salah satu primadona, baik sebagai tanaman indoor maupun interior ruangan. Tanaman ini juga tengah diburu para kolektor tanaman hias. Pasalnya Philodendron memiliki daun yang cukup indah. Tanaman Philodendron juga memiliki. Ini dia hal-hal seputar Philodendron ‘Jungle Boogie’ yang perlu Anda tahu.

Ciri, Bentuk dan Warna

Jenis tanaman Philodendron ‘Jungle Boogie’ atau yang sering dikenal dengan Philodendron selloum ini memiliki nama lain yang cukup unik, yakni Philodendron jari. Pemberian nama ini tidak lain karena bentuk daunnya yang menyerupai jari-jari manusia. Jenis tanaman Philodendron yang satu ini memiliki daun yang panjang dengan tepi yang bergerigi.

Tanaman ini memiliki nama latin Philodendron elloum dan bisa tumbuh tinggi hingga 15 cm. Jenis tanaman ini memiliki daun berwarna hijau gelap dengan tepi berumbai seperti pakis. Sedangkan batangnya cukup tebal dan kokoh. Untuk bertahan hidup tanaman ini membutuhkan cahaya tidak langsung yang terang.

Cara Menanam

Kini Anda bisa memiliki tanaman hias yang cantik dan unik ini di rumah. Cara penanaman yang benar akan membuat tanaman ini dapat tumbuh dengan maksimal. Berikut cara penanaman Philodendron yang  bisa Anda lakukan.

  1. Siapkan media tanam yang terdiri dari sekam dan serbuk gergaji.
  2. Lakukan repotting dan siapkan pot dengan ukuran yang sesuai.
  3. Tanam Philodendron kemudian tambahkan sekam mentah dan pupuk.
  4. Letakkan Philodendron di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Cara Merawat

Setiap jenis tanaman tentu memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Salah satu kelebihan dari tanaman  Philodendron ‘Jungle Boogie’ adalah kemampuannya yang bisa bertahan hidup di berbagai kondisi lingkungan. Penasaran bagaimana cara merawat tanaman Philodendron agar tumbuh subur?

1. Mendapatkan Sinar Matahari yang Cukup

Agar Philodendron ‘Jungle Boogie’ mendapatkan sinar matahari yang cukup, letakkan di area yang terang namun tidak terkena sinar matahari langsung. Pasalnya jika terkena sinar matahari langsung daunnya akan menguning bersamaan. Namun sebaliknya, jika Philodendron tidak mendapat sinar matahari batangnya akan berkerut dan tumbuh panjang.

2. Proses Penyiraman

Saat merawat tanaman hias yang satu ini pastikan untuk selalu menjaga kelembapan tanahnya namun tidak terlalu basah. Philodendron membutuhkan kelembapan untuk membantunya berkembang. Tak hanya itu, jika kebanyakan air akar tanaman juga akan membusuk. Jika disimpan di dalam ruangan, siram 2 – 3 kali dalam seminggu.

3. Beri Pupuk Secara Berkala

Selain beberapa hal di atas, pastikan lakukan pemupukan 5 – 6 kali dalam setahun. Sangat disarankan untuk menggunakan pupuk cair agar daun dapat berkembang lebih besar dan memiliki warna hijau yang sempurna. Pasalnya daun yang berwarna pucat menandakan jika tanaman kurang mendapatkan nutrisi.

4. Perkembangbiakan

Tanaman hias yang satu ini dapat diperbanyak dengan 3 cara yaitu stek bonggol, stek batang, dan pemisahan anakan. Untuk stek batang, daun yang sudah dipangkas tidak sia-sia dan bisa untuk tanaman baru. Setelah tanaman dipotong simpan pada wadah berair dan biarkan di tempat yang hangat agar akar tumbuh.

Namun  jika ingin menanamnya di tanah, agar bekas potongan tidak berjamur sangat disarankan untuk mengolesinya dengan fungisida. Setelah itu akar tanaman akan mulai muncul setelah 2 minggu.

Bagi Anda yang menyukai halaman rumah laksana di hutan, Philodendron ‘Jungle Boogie’ menjadi tanaman yang tepat untuk dipilih. Sebab Anda tak butuh tenaga ekstra untuk merawatnya. Tanaman Hanya dalam 2 minggu ukurannya bisa 2 hingga 3 kali lebih besar dari ukuran ketika pertama kali memilikinya.

Bagaimana apakah tertarik untuk menjadikan Philodendron sebagai salah satu tanaman hias di hunian Anda? Langsung saja cek Philodendron 8 daun. Anda juga bisa mengetahui seberapa besar potensi tanaman hias di pasar lokal dan internasional hanya di potensi pasar tanaman hias.