Philodendron ‘Karet’

Philodendron ‘Karet’

Sumber foto: @saungflora.depok

Saat ini tanaman Philodendron tengah digemari dan diburu kolektor tanaman hias. Tak terkecuali Philodendron ‘Karet’. Meski hanya terdiri dari daun, namun tanaman hias yang satu ini memiliki keindahan tersendiri. Tak heran jika Philodendron sangat diburu dan mampu menjadi primadona sebagai tanaman indoor maupun interior ruangan.

Ciri, Bentuk dan Warna

Philodendron ‘Karet’ memiliki nama latin Philodendron Little Phil ini tampak kompak dengan daun berwarna hijau tua yang indah dan meruncing. Jenis tanaman ini juga cukup mudah untuk dirawat. Bahkan mampu mempertahankan bentuknya sebagai tanaman semak lebat yang tumbuh rendah.

Harganya juga terbilang cukup ekonomis. Salah satu hal yang terpenting adalah Philodendron Little Phil bisa diletakkan di dalam maupun di luar ruangan. Tanaman ini paling baik disimpan pada cahaya sedang hingga terang namun tidak terkena sinar matahari langsung. Philodendron Little Phil memiliki tingkat pertumbuhan sedang yang bisa tumbuh hingga 35 cm.

Cara Menanam

Pada dasarnya cara menanam Philodendron Little Phil hampir sama dengan cara menanam tanaman hias lainnya. Meski demikian tak sedikit pula yang tahu bagaimana cara menanam Philodendron Little Phil dengan benar. Ini dia beberapa cara menanam Philodendron yang bisa Anda lakukan agar tumbuh subur dan cepat berdaun lebat.

  1. Siapkan media tanam sebanyak 4 – 5 kg.
  2. Tambahkan 1 sdt superphospat 20%, 1 sdm kapur dan 2 sdt pupuk NPK (5-10-5).
  3. Buat lubang, kemudian tanam Philodendron.
  4. Selalu jaga kelembapannya dan lakukan penyiraman 2 – 3 kali dalam seminggu.

Cara Merawat

Lalu bagaimana cara merawat Philodendron ‘Karet’ agar bisa tumbuh subur dan memancarkan pesona terbaiknya? Philodendron merupakan tanaman hias dengan daun yang istimewa. Agar tumbuh subur dan cepat, ini dia cara merawat Philodendron yang bisa Anda terapkan.

1. Perhatikan Dimensi Cahaya

Sebenarnya tanaman jenis ini dapat tumbuh subur dengan kondisi cahaya seperti apapun. Namun tanaman ini lebih menyukai sinar matahari yang terang dan tidak langsung. Untuk pencahayaan yang tepat Anda bisa menggunakan lampu khusus di area gelap rumah. Apabila daunnya berubah kekuningan, ini pertanda jika tanaman terlalu banyak mendapat sinar.

2. Proses Penyiraman

Menyiram tanaman ini ternyata tak sederhana, biarkan permukaan tanahnya mengering di atas penyiraman. Namun jangan biarkan mengering, sebab Philodendron tumbuh dengan cepat. Saat tumbuh dengan cepat, jenis tanaman ini suka menyerap kelembapan. Gunakan pot khusus yang dilengkapi dengan lubang di bawahnya agar tanah tidak basah dan air berlebih bisa keluar.

3. Pemupukan

Pemupukan yang teratur menjadi kunci tanaman ini. Hal ini disebabkan karena Philodendron tumbuh dengan sangat cepat. Tanaman ini membutuhkan nutrisi yang banyak agar bisa tubuh secepat mungkin. Jika Philodendron tumbuh lambat, berarti tanaman ini sudah membakar semua pupuk dan inilah saatnya untuk menyediakan nutrisi baru.

4. Bagaimana Jika Daun Terkulai Lemas?

Cara penyiraman yang salah akan membuat daun Philodendron menjadi lemas. Untuk itu pastikan asupan air yang diberikan sangat tepat sesuai dengan kebutuhan tanaman. Caranya Anda hanya perlu memperhatikan permukaan tanahnya saja. Jika mengering, tanaman membutuhkan lebih banyak air. Namun jika masih basah, cukup tunggu hingga tanah kering.

Philodendron ‘Karet’ merupakan pilihan tepat bagi Anda yang sedang ingin menambah nuansa segar di dalam hunian. Terlebih lagi jika tidak memiliki tempat yang terkena sinar matahari langsung namun tidak terlalu gelap.

Ingin tahu bagaimana cara budidaya tanaman hias Philodendron Little Phil dengan berbagai metode? Simak cara budidaya selengkapnya. Anda juga bisa mendapatkan berbagai jenis tanaman Philodendron terbaik dan Pholidendron Hampers yang super menarik.