Philodendron ‘McDowell’

Philodendron ‘McDowell’

Sumber foto: @sprouts.grower

Ada banyak cara untuk membuat suasana rumah agar terasa sejuk dan alami. Salah satu yang bisa dilakukan dengan meletakkan tanaman hias seperti tanaman Philodendron ‘McDowell’. Selain membuat suasana rumah menjadi sejuk dan indah, tanaman hias ini juga berfungsi agar rumah terlihat lebih indah serta membuat udara di sekitar rumah menjadi lebih fresh.

Ciri, Bentuk dan Warna

Philodendron jenis McDowell atau yang sering dikenal mirip dengan Philodendron Pastazanum  berasal dari Ekuador lebih tepatnya di bagian Pastaza dan tanaman ini sendiri ditemukan pada tahun 70-an. Tanaman jenis ini bersifat crawler atau tanaman yang batang utamanya tumbuh bukan horizontal melainkan secara vertikal.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah batang dari tanaman tidak boleh sampai terendam air dan harus berada di permukaan tanah. Itu dikarenakan pada bagian rimpang atau batang inilah daun akan tumbuh. Jika batang sampai terendam hal itu akan menyebabkan daun tidak tumbuh dan tanaman akan mati sepenuhnya.

Jenis tanaman Philodendron ‘McDowell’ memiliki daun yang besar, lebar dan berbentuk hati. Tanaman yang satu ini memiliki urat pucat yang bertengger di bagian batang serta tunas berwarna merah yang akan berkembang menjadi daun. Inilah yang membuatnya menarik dan terlihat berbeda dengan tanaman lainnya.

Cara Menanam

Tanaman Philodendron merupakan salah satu tanaman yang berkualitas atau tanaman yang memiliki daun yang bagus dan subur. Meski terkesan simpel akan tetapi tidak semua orang tahu cara menanamnya. Untuk mendapatkan kualitas tanaman yang bagus ada juga cara menanam yang tepat. Berikut adalah langkah-langkah untuk menanamnya.

  1. Pindahkan bibit semai ke dalam pot yang berisi media tanam.
  2. Pemindahan dilakukan dengan hati-hati agar kualitas akar tidak rusak.
  3. Lubangi media tanam hingga hingga masuk sampai ½ bagian.
  4. Pastikan akar masuk dengan baik ke dalam media tanam.

Cara Merawat

Meski tampilan dari tanaman Philodendron terlihat cantik. Tanaman ini ternyata tanaman jenis ini memiliki cara perawatan yang cukup mudah. Tidak diperlukan teknik atau cara khusus untuk merawatnya, itu dikarenakan cara merawat seperti merawat tanaman hias pada umumnya. Berikut ini cara untuk merawat tanaman Philodendron.

1. Sinar Matahari yang Cukup

Untuk menghindari daun berubah warna menjadi kuning, jenis tanaman ini harus mendapat sinar matahari yang cukup. Oleh sebab itu Anda harus meletakkan tanaman ini di tempat yang cukup cahaya. Meski demikian hindari meletakkan tanaman harus pada tempat yang terkena sinar matahari langsung.

2. Rutin Melakukan Penyiraman

Seperti kebanyakan tanaman hias pada umumnya Philodendron juga membutuhkan air yang cukup. Akan tetapi pemberian air juga tidak bisa secara asal apalagi sampai tanaman tergenang oleh air. Jika itu sampai terjadi tanaman akan mulai layu bahkan lama kelamaan akan membusuk. Oleh sebab itu pemberian air harus sesuai kebutuhan saja.

3. Pemberian Pupuk Khusus

Selain  beberapa hal di atas, pastikan pupuk 5-6 kali dalam satu tahun. Agar lebih maksimal berilah pupuk dengan kualitas yang baik dan dikhususkan untuk tanaman hias. Pemilihan itu bertujuan agar tanaman Philodendron ‘McDowell’ tumbuh dengan sempurna dan menghasilkan warna daun yang segar.

Nah itu dia cara menanam bahkan cara merawat bagi Anda yang ingin memilih tanaman Philodendron ‘McDowell’ sebagian penghias di dalam rumah. Tanaman ini akan menjadi pilihan yang tepat karena di samping mudah perawatannya  tanaman ini bisa membuat nuansa rumah menjadi cantik dan fresh.

Dapatkan tanaman hias Philodendron terbaik hanya di PlantStory. Agar tanaman philodendron dapat tumbuh subur dan berdaun cantik, Anda bisa mencari tahu informasi penyebab karat daun. Kini memiliki tanaman hias yang unik dan menarik bukan hanya sekadar impian saja.