Sente Hijau (Alocasia portora)

Sente Hijau (Alocasia portora)

Sumber foto: @joanplantlady

Tren membudidayakan tanaman hias mulai digemari oleh masyarakat di tengah-tengah pandemi virus COVID-19. Menanam tanaman hias dilakukan oleh masyarakat untuk mempercantik rumahnya dan juga untuk menghilangkan stress. Salah satu tanaman yang saat ini banyak dicari adalah Sente hijau (Alocasia portora).

Alocasia Portora merupakan salah satu spesies dari keluarga Araceae. Tanaman hias ini satu keluarga dengan Aglaonema, Anthurium dan Caladium. Sehingga masuk akal jika tanaman hias ini sepopuler Aglaonema.

Alocasia mempunyai habitat alami di daerah subtropis dan tropis di beberapa benua, seperti Asia, Oceania dan Amerika bagian Selatan. Di Asia, tanaman ini banyak ditemukan di India, Taiwan, Indonesia hingga China.

Ciri, Bentuk dan Warna

Sente Hijau (Alocasia portora) atau juga bisa dikenal dengan telinga gajah adalah tanaman abadi dengan daun hijau besar dan ditopang batang berwarna ungu. Tanaman ini bisa tumbuh setinggi 180 hingga 240 cm dalam kondisi pertumbuhan yang baik.

Daun tanaman sente hijau berbentuk sagittate atau hati besar dengan panjang hingga 90 cm serta mempunyai tangkai daun yang panjang juga. Bunga dari tanaman ini tumbuh pada ujung tangkai yang pendek. Namun bunga tanaman hias ini tidak begitu mencolok, karena sering tersembunyi di balik tangkai daun.

Sebagai salah satu keluarga talas-talasan, tanaman yang satu ini juga mempunyai umbi yang bisa dikonsumsi. Namun, umbi yang masih mentah mengandung Raphide. Raphide merupakan kristal oksalat yang tergabung dengan iritan lain yang bisa menyebabkan mati rasa dan pembengkakan pada lidah dan faring.

Cara Menanam

Cara memperbanyak tanaman hias Alocasia portora hampir sama dengan Caladium, yaitu dengan metode generatif dan vegetatif. Pengembangbiakan secara generatif bisa dilakukan dengan memetik bunga Alocasia yang sudah berbiji. Ciri-ciri bunga yang sudah berbiji sudah berwarna kemerahan.

Anda bisa memetik bunganya, kemudian buang dagingnya. Selanjutnya, semai biji pada media tanam yang bisa memaksimalkan pertumbuhan akarnya. Setelah akar tumbuh, pindah ke media tanam yang lebih besar.

Sementara itu, untuk perkembangbiakan secara vegetatif bisa Anda lakukan dengan umbi-umbinya. Buat Anda yang ingin membudidayakan tanaman hias ini secara vegetatif. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Potong umbi dari tanaman yang sehat dan terhindar dari berbagai sumber penyakit.
  2. Siapkan media tanam, bisa berupa kombinasi dari humus daun bambu, arang sekam, dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1.
  3. Masukkan media tanam ke dalam pot sebanyak 3/4.
  4. Tanam umbi di tengah pot, kemudian padatkan pot dengan sisa media tanam. Jangan lupa juga menyiramnya dengan air untuk mencukupi kebutuhan airnya.

Cara Merawat

Tanaman Sente Hijau (Alocasia portora) digambarkan sebagai tanaman yang bisa tumbuh dengan cepat, namun sangat sensitif. Oleh sebab itulah Anda harus melakukan perawatan yang tepat untuk mempertahankan keindahan tanaman ini. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam perawatan Alocasia.

1. Penyiraman

Lakukan penyiraman setelah media tanamnya mengering. Hal ini untuk memastikan tidak terlalu banyak air yang menggenang. Selain itu, pastikan kelembabannya tersebar secara merata. Sebab, tanaman yang menyukai air ini memerlukan kelembaban yang merata sepanjang tahun.

Anda juga bisa menjemur tanaman hias ini di terik matahari di pagi hari dan sore hari untuk mencegah penyiraman yang berlebihan. Selalu periksa kondisi tanah dengan memasukkan jari ke tanah, yang berguna untuk memastikan ada tidaknya air di dalam tanah. Hal ini juga bisa Anda gunakan untuk menentukan kebutuhan airnya.

2. Sinar Matahari

Tanaman Alocasia yang terkena sinar matahari yang tepat akan mempunyai warna daun yang bagus.Tanaman Sente hijau akan tumbuh optimal dengan kondisi naungan parsial. Lokasi terbaik untuk meletakkan alocasia adalah jendela yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

3. Pemupukan

Anda bisa memberikan pupuk cair seimbang untuk memenuhi nutrisinya. Lakukan pemupukan setiap dua minggu sekali dengan dosis yang dianjurkan. Bisa juga memberikan setengah dosis agar tidak membuat tanaman keracunan.

Meskipun tanaman hias Sente hijau (Alocasia portora) ini termasuk dalam keluarga talas-talasan. Umbi tanaman ini mempunyai umbi beracun. Sehingga hindarkan tanaman ini dari anak kecil. Sebab, semua bagian tanaman ini mempunyai raphide yang bisa menyebabkan pembengkakan mulut dan faring.

Saat ingin membudidayakan tanaman hias Sente hijau (Alocasia portora) Anda bisa menggunakan pot yang berukuran lebih besar atau menanamnya langsung di tanah yang subur. Selain itu, gunakan juga perlengkapan berkebun untuk mempermudah penanaman.