Sente Hitam

Sente Hitam

Sumber foto: @airy_garden_official

Tanaman hias berdaun besar belakangan ini menjadi primadona, karena banyak dilirik oleh masyarakat yang mengoleksi tanaman hias untuk hobinya. Tanaman hias berdaun besar yang paling populer berasal dari keluarga Araceae atau talas-talasan. Salah satunya adalah Alocasia plumbea atau yang lebih akrab dikenal sebagai Sente Hitam.

Berasal dari hutan hujan tropis Asia Selatan, Alocasia merupakan tanaman dengan daun fantastis untuk menghiasi halaman rumah Anda. Tanaman Alocasia plumbea juga sering disebut sebagai Elephant’s Ear karena bentuk daunnya yang menyerupai telinga gajah.

Ciri, Bentuk dan Warna

Sente Hitam merupakan tanaman dengan daun besar yang mencolok. Daunnya berbentuk hati dengan kerutan dan bergelombang di bagian pinggirnya. Daun dari tanaman Alocasia plumbea ini berwarna hijau kehitaman yang mengkilap di bagian atasnya. Serta mempunyai tulang daun berwarna keunguan di bagian bawah daun.

Sebagai tanaman herba perennial, Alocasia plumbea bisa tumbuh 120 hingga 180 cm. Sementara daun berwarna hitam metalik ini bisa tumbuh besar dengan panjang 45 hingga 50 cm dengan lebar 25 cm. Sementara pelepah daunnya bisa tumbuh dengan panjang 30 hingga 37 cm.

Tanaman hias dari keluarga Araceae ini bisa tumbuh dengan cepat dalam kondisi yang ideal.  Habitat alami Sente Hitam adalah hutan hujan tropis. Sehingga tanaman ini akan tumbuh dengan baik jika mendapatkan sinar matahari penuh secara tidak langsung. Selain itu, tanaman ini juga menyukai tanah yang kaya nutrisi dengan sistem drainase yang baik.

Cara Menanam

Seperti halnya tanaman Alocasia lainnya, Sente Hitam juga bisa dikembangbiakkan menggunakan bonggol atau umbinya. Bisa juga menggunakan biji. Biji Alocasia akan dihasilkan setelah bunganya berwarna kemerahan. Selain itu, Anda juga bisa mengambil bibit dari anakan yang tumbuh di sekitarnya.

Jika Anda ingin membudidayakan tanaman hias yang satu ini. Anda bisa mengikuti langkah-langkah menanam Alocasia plumbea yang akan diuraikan di bawah ini.

  1. Siapkan bibit Alocasia plumbea, baik itu dari bonggol, biji yang sudah disemai maupun anakannya.
  2. Setelah Anda mempunyai bibit Alocasia plumbea, jangan lupa untuk menyiapkan media tanamnya. Anda bisa menggunakan kombinasi media tanam dari cacahan pakis, tanah, arang sekam dan pasir malang.
  3. Masukkan media tanam ke dalam pot, isi 3/4 bagian saja.
  4. Letakkan bibit di tengah-tengah pot. Kemudian padatkan kembali dengan sisa media tanam.
  5. Jangan lupa untuk menyiramnya, untuk memenuhi kebutuhan airnya.

Cara Merawat

Setelah Anda melakukan penanaman Sente Hitam. Jangan lupa untuk melakukan perawatan agar tanaman hias tersebut bisa tumbuh dengan baik. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda lakukan dalam perawatan Alocasia plumbea.

1. Penyiraman

Seperti halnya tanaman Araceae lainnya. Alocasia plumbea juga tidak perlu disiram terlalu sering. Namun, selalu pastikan kelembabannya terjaga sepanjang tahun. Usahakan untuk tidak membuat media tanamnya tergenang air. Untuk mencegah busuk akar. Anda bisa melakukan penyiraman setelah media tanamnya mulai mengering.

2. Pemupukan

Untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya, Anda bisa menggunakan pupuk kalium dan fosfor. Usahakan untuk tidak menambahkan pupuk natrium agar warna hitam pada daunnya tidak memudar.

3. Sinar Matahari

Alocasia plumbea akan tumbuh optimal di bawah naungan. Sehingga Anda bisa meletakkan tanaman hias ini di dekat jendela yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Selain itu, Anda juga bisa menanamnya di tanah langsung, namun Anda perlu memberikan tanaman besar yang bisa menaungi Alocasia dari sinar matahari secara langsung.

Sekedar informasi, paparan sinar matahari secara langsung akan membuat daun Sente Hitam terbakar. Sementara jika diletakkan di lokasi yang cukup gelap atau kekurangan sinar matahari, akan menyebabkan busuk akar.

Itu dia beberapa hal yang perlu Anda ketahui dari tanaman hias Sente Hitam. Meskipun tanaman ini mempunyai pertumbuhan yang cepat. Hal ini tidak akan didukung jika semua kondisi yang dibutuhkan tidak terpenuhi.

Saat ingin membudidayakan tanaman hias Sente Hitam, harap selalu menggunakan media tanam yang berkualitas dan didukung dengan pupuk cair seimbang.