Sereh Merah / Sereh Wangi

Sereh Merah / Sereh Wangi

Sumber foto: @pesona_tanaman

Jika Anda sedang mencari tanaman hias dari keluarga rumput-rumputan. Sereh merah / Sereh wangi bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebab tanaman ini bisa Anda jadikan sebagai aroma terapi alami dan juga bisa menjadi repellent atau pengusir nyamuk alami yang sangat ampuh. Hal ini dikarenakan kandungan citronella yang mengeluarkan aroma segar.

Sereh wangi merupakan tanaman berumpun dengan pertumbuhan mencapai 50 hingga 100 cm. Tanaman dengan nama latin Cymbopogon nardus ini sangat mudah untuk dikembangbiakkan. Sehingga sangat digemari oleh masyarakat untuk dijadikan tanaman pagar. Nah, buat Anda yang ingin membudidayakan tanaman ini. Simak ulasan di bawah ini terlebih dahulu.

Ciri, Bentuk dan Warna

Sereh merah / Sereh wangi merupakan tanaman dengan habitus terna perenial yang termasuk dalam keluarga Poaceae. Tanaman ini mempunyai akar serabut besar dengan rimpang yang pendek.

Batang tanaman sereh wangi berumbi dan bergerombol. Serta mempunyai batang yang berongga dan lunak. Batang dari sereh wangi berupa pelepah umbi untuk pertumbuhan pucuk dan berwarna putih kekuningan, putih keunguan atau kemerahan. Selain itu, batang sereh juga sangat kaku dan mudah patah.

Tanaman sereh mempunyai daun berwarna hijau dan tidak memiliki tangkai. Daunnya mempunyai bentuk mirip pita, panjang dan meruncing di bagian ujungnya. Tepi daun tanaman sereh sangat kasar dan tajam dengan bagian bawah yang berbulu halus. Daun sereh bisa tumbuh hingga 100 cm dengan lebar sekitar 2 cm.

Cara Menanam

Saat Anda ingin membudidayakan tanaman sereh wangi, Anda harus melakukan pembibitan terlebih dahulu. Anda tidak perlu melakukan pembibitan dari biji sereh. Cukup gunakan anakan yang sudah mempunyai akar. Untuk cara menanamnya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Siapkan bibit sereh wangi. Anda bisa mendapatkannya dari teman yang menanam sereh wangi atau membelinya di marketplace.
  2. Siapkan media tanam dengan mencampurkan tanah, arang sekam dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1.
  3. Masukkan media tanam ke dalam pot. Jangan lupa untuk membuat lubang tanam 10 hingga 15 cm.
  4. Tanam bibit sereh wangi ada lubang tanam yang sudah disiapkan. Usahakan posisi bibit berdiri tegak.
  5. Tutupi dengan sisa media tanam dan padatkan.
  6. Siram dengan air untuk membasahi permukaan media tanam.

Cara Merawat

Selain melakukan cara menanam yang benar, ketahui juga bagaimana cara merawat Sereh merah / Sereh wangi agar tumbuh dengan baik dan sehat. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda lakukan saat merawat Cymbopogon nardus.

1. Penyiraman

Anda bisa melakukan penyiraman 1 hingga 2 kali sehari, tergantung kondisi media tanam dan lingkungannya. Dengan rutin melakukan penyiraman akan membuat akar sereh bisa menyerap nutrisi dengan baik. Sehingga tanaman sereh tidak mudah layu.

2. Pemupukan

Saat ingin menanam sereh, campurkan pupuk dasar terlebih dahulu pada media tanamnya. Hal ini sangat berguna untuk mendukung pertumbuhan awalnya. Selanjutnya Anda hanya perlu memberikan pupuk organik secara berkala, agar pertumbuhannya tetap optimal dan tidak mencemari lingkungan.

Pemupukan bisa Anda lakukan tiap 1 atau 2 minggu sekali menggunakan pupuk organik cair. Setelah tanaman sereh berusia 3 bulanan, biasanya tanaman ini membutuhkan nutrisi tambahan dengan jumlah besar. Hal ini dikarenakan, akar dan batang sereh tumbuh dengan lebih cepat.

3. Penyiangan dan Penggemburan

Penyiangan bisa Anda lakukan jika terdapat gulma atau tanaman lain yang tumbuh di dalam pot. Jika gulma tidak Anda singkirkan. Pertumbuhan sereh akan terganggu, karena nutrisi tanah akan diserap oleh gulma.

Setelah melakukan penyiangan, jangan lupa untuk menggemburkan media tanam. Tanah yang gembur akan memudahkan akar untuk menyerap nutrisi di dalam tanah. Hal ini dikarenakan, unsur hara akan lebih mudah dilarutkan air menuju akar sereh.

Itu dia beberapa hal yang perlu Anda ketahui dari tanaman Sereh merah / Sereh wangi. Tanaman dari keluarga rumput-rumputan ini tidak hanya cocok untuk tanaman hias, tetapi juga bisa Anda manfaatkan sebagai penyedap makanan setelah berusia 6 hingga 10 bulan.

Menanam Sereh merah / Sereh wangi di rumah bisa menjadi alternatif berkebun, buat Anda yang suka memasak. Sebab, sereh menjadi bumbu serbaguna. Selain itu, untuk memaksimalkan pertumbuhan sereh, selalu gunakan pupuk organik cair terbaik dengan nutrisi seimbang.