Growing Plants 101

Oleh PlantStory
/
Growing Plants 101

Bersama: Arya Vandana (founder @vandana.plant)

Ini adalah catatan dari diskusi tentang Growing Plants 101 bersama @vandana.plant yang telah diselenggarakan pada 5 Desember 2020 via Zoom.

Vandana Plant is High Grade Encephalartos Seller & Collector since 2009 (Encephalartos, Cycas, Dioon, Palm).

Koleksi dan tanaman yang paling dikuasai adalah 4 jenis tanaman di atas (Encephalartos, Cycas, Dioon, Palm). Sebelumnya Vandana Plant sudah lama di facebook dan aktif di Kaskus sejak 2007 , baik dalam forum jual beli flora ataupun aktif di forum diskusi tanaman. Founder Vandana Plant kak Arya, sudah menyukai tanaman sejak 2007.  Sebelumnya beliau belajar Anggrek dari ahli dan penyilang Anggrek Indonesia yaitu Pak Rizal Djafaer.

Encephalartos

Spesialisasi Kak Arya adalah di tanaman jenis Encephalartos dan keluarganya, yang merupakan tanaman asal afrika dan pertumbuhannya lama. Di indonesia sendiri, pecinta Encephalartos lebih menyukai yang daunnya berwarna biru. Warna biru pada daun Encephalartos berasal dari lapisan lilin yang melapisi daunnya agar tidak gosong. Jadi semakin panas sinar mataharinya, warnanya akan menjadi semakin biru.

Dioon

Merupakan tanaman dari keluarga CYCAD yang value for money karena tidak terlalu mahal tapi cantik dan beberapa spesies dari keluarga Dioon memiliki warna biru pada daunnya. 

Growing Plant 101

Menurut kak Arya, tentang growing plant itu cocok-cocokan. Tidak ada yang 100% benar. Jadi yang dibagikan di sini adalah pengalaman pribadi dan belum tentu cocok untuk semua orang. Jadi prinsipnya dalam belajar adalah APBN: Ambil Positif Buang Negatif.

Berikut adalah 3 poin utama yang dalam merawat tanaman:

Rule of Thumb

Air

Air yang digunakan untuk menyiram tanaman kalau bisa adalah air yang sudah diendapkan, atau lebih bagus air hujan.

Media Tanam

Media tanam setiap tanaman berbeda karakternya, berbeda pula kebutuhannya. Jadi disesuaikan dengan kondisi tanaman.

Nutrisi: NPK, Makro Nutrisi dan Mikro Nutrisi

Diibaratkan seperti orang: makanan utama orang adalah nasi, sayur, daging. Tambahan yang lain-lain boleh, seperti vitamin, tapi bukan merupakan makanan utama, hanya booster. Kak Arya memakai pupuk dynamite (pupuk slow release). Penggunaan pupuk siram (yang dilarutkan ke air) untuk tanaman itu lebih baik dikurangi dosisnya tapi ditingkatkan frekuensinya.

Sinar matahari

Kebutuhan sinar matahari setiap tanaman berbeda-beda kebutuhannya.

Sirkulasi udara dan kelembaban

Sirkulasi udara yang bagus akan membantu pertumbuhan tanaman menjadi lebih maksimal.

Akar itu pondasi

Kak Arya paling concern sama akar tanaman. Saat beli tanaman online, ada akar yang busuk atau akarnya sedikit, bersihkan dulu akar-akarnya dan diberi Fungisida. Ibaratnya akar itu seperti organ pencernaan yang fungsinya sebagai pintu masuknya nutrisi yang diberikan. Percuma tanaman dipupuk dengan pupuk yang bagus sekalipun, tetapi tidak ada akar yang bagus, maka tanaman tidak bisa tumbuh maksimal.

Kenali Karakter tanaman

Setiap tanaman karakternya berbeda dan kebutuhan utamanya berbeda beda. Jadi perawatannya juga berbeda. Sehingga pemilik tanaman harus explore bagaimana karakter dan kebutuhan tanaman tersebut.

Kalimat penutup:

Sama seperti manusia, kalau bisa tanaman jangan sampai sakit. Karena jika tanaman sakit, akan perlu waktu untuk pulih kembali. Penyakit pada tanaman sendiri ada yang signifikan dan tidak. Kalau yang signifikan dapat menyebabkan tanaman mati. Jenis penyakit ini biasanya menyerang umbi atau batang utama. Kalau yang sifatnya minor seperti serangan hama pada daun, maka akan lebih mudah pengobatan dan pemulihannya.

Arya Vandana – founder @vandana.plant

Question & Answer

Encephalartos itu kan banyak sekali tipe-tipenya, untuk identify jenisnya bagaimana? Apakah ada guide yang bisa dibaca?

Bisa baca online, tapi itu sangat ilmiah dan contoh pohonnya gede-gede. Padahal daun yang dihasilkan tanaman usia muda dan usia dewasa, itu bisa berbeda. Jadi kami sendiri masih kesulitan. Ditambah lagi satu jenis tanaman ada hybrid dan ada karakter. Kita bisa lebih paham dengan jam terbang untuk lihat langsung, bahkan ada yang sampai ikut seminar ke luar negeri untuk konferensi Cycas. Kolektornya kebanyakan orang jerman, dan biasanya itu sudah turun temurun dari ayah dan kakeknya. Tanaman ini tanaman yang harganya sangat stabil karena supply-nya sangat terbatas dan pengembangbiakannya hanya dari biji atau anakan. Untuk jadi indukan, tanaman harus dewasa dengan usia -/+  30 tahun, dan tanaman ini hanya memiliki satu jenis kelamin, jadi harus ada 2 induk yang berbeda jenis kelamin, baru bisa terjadi perbanyakan secara generatif.

Bagaimana mengidentifikasi tanaman jantan dan betina?

Saat berbunga, kalau belum berbunga tidak tahu. Dan yang betina biasanya harganya lebih mahal, sekitar 30% dari yang jantan.

Kalau tanaman yang sedang ramai sekarang itu sangat cepat untuk diperbanyak. Jadi mengembangbiakkannya cepat dan demandnya ada, jadi harganya masih oke juga. Tapi kedepannya jika demandnya bertahan (tidak naik), pasti akan ada koreksi harga.

Untuk Encephalartos sebaiknya akarnya dimunculkan atau tidak?

Untuk display, dimunculkan bagus. Pilihan saja. Apabila mau dipendam juga boleh.

Kalau untuk ditanam di tanah sebaiknya yang ukuran berapa?

Untuk tanam di tanah, minimal bonggolnya sudah 5 cm, kalau bisa ditanamnya sama planter bag. Enaknya kalau nantinya mau relokasi pohon jadi mudah dan tidak merusak akarnya. Akar bisa menembus planter bag, tapi biasanya hanya akar serabut, jadi tidak akan membuat tanaman stress, kalau ditanam di tanah cepat besar. Kenapa? Karena, misalnya anggaplah ditanam di pot apalagi pot warna hitam, dia kenapa terpaan sinar, kelembabannya akan cepat turun. Kalau digambar di grafik, kelembabannya naik turun drastis, tidak landai. Sedangkan kalau di tanam di tanam, naik turunnya kelembabannya landai dan stabil, jadi bagus untuk pertumbuhan tanaman.

Apakah penggunaan score dengan cara disiram?

Lebih baik dispray, tapi kalau tinggal di perumahan padat, dan banyak anak-anak, jangan pakai sprayer. Penggunaan score itu sistemik, saya pakai botol yang ada selangnya. Jadi baunya tidak terlalu menyebar. Bukan berarti tidak bau sama sekali, tapi meminimalisir penyebaran baunya. Botol seperti ini bisa dicari di E-Commerce, biasanya keywordnya botol burung/botol kutu air/botol cupang.

Kenapa menggunakan botol selang ini? Karena lebih aman, baunya tetap menyebar tapi tidak ekstrim karena hanya diberikan di sekeliling tanaman. Digunakannya  sebulan sekali dengan dosis 1 ml untuk 1 liter. Disiram di sekeliling tanamannya.

Wah banyak ilmu baru tentang Encephalartos, Dioon dan Cycas nih. Plant Parent semua apakah ada yang punya koleksi Encephalartos, Dioon atau Cycas? Kalau punya juga, boleh share pengalamannya di kolom komentar ya. Jangan lupa juga share di social media dan mention @plantstorycom dan @vandana.plant yaa 🙂

0 Comments

Registration isn't required.



By commenting you accept the Privacy Policy

Latest Articles