Tips Aplikasi Fungisida

Oleh PlantStory
/
Tips Aplikasi Fungisida

Kadang suka dilema ya, bagaimana penggunaan fungisida yang benar? Apalagi buat Plant Parent yang tinggalnya di kota atau tinggal di lahan yang sempit. Kenapa? Karena bau fungisida sangat menyengat dan tidak baik untuk manusia dan juga hewan peliharaan. Jadi bagaimana solusinya?

Berikut ini adalah tips menarik yang dibagikan oleh @vandana.plant via Instagram Story tentang penggunaan fungisida yang aman untuk tanaman.

1. Gunakan Fungisida Sistemik

Apa itu fungisida sistemik?

Berikut adalah penjelasan dari google:
Fungisida juga dapat dikategorikan sebagai fungisida kontak, translaminar, dan sistemik. Fungisida kontak hanya bekerja di bagian yang tersemprot. Fungisida translaminar mengalir dari bagian yang disemprot (daun dan bagian atas tanaman) ke bagian yang tidak disemprot (ke bawah). Fungisida sistemik diserap oleh tumbuhan dan didistribusikan melalui sistem pembuluh tanaman.

Atau bahasa mudahnya adalah fungisida sistemik ini bisa menyebar sendiri.

Karena ini jenis fungisida sistemik yaitu menyebar sendiri, jadi tidak harus menyiram ke semua bagian tanaman. Aplikasikan di sore hari yaa, agar tanaman tidak gosong. 

@vandana.plant lebih suka menggunakan fungisida sistemik seperti Score karena berbentuk cairan dan tidak berbekas di daun. Jika menggunakan produk yang berbasis bubuk, biasanya akan meninggalkan bekas di daun.

2. Gunakan pelindung diri

  1. Pipet untuk mengambil cairan Score.
  2. Gunakan sarung tangan.
  3. Gunakan masker (baunya sangat menyengat dan chemical).
  4. Jalankan protokol di atas
  5. Hindari menuang cairan dari botol karena akan mengalir luber, tumpah dan meninggalkan bekas di botol.

3. Hindari penggunaan sprayer. Kenapa?

  1. Penggunaan sprayer otomatis akan menyebarkan fungisida saat disemprot, dan jika terkena angin akan berbalik ke badan kita (yang menyemprot). 
  2. Jika penggunaan sprayer digunakan di rumah, baunya bisa menempel di mana-mana (dan bau sekali).
  3. Akan berbahaya jika ada anak kecil ataupun hewan peliharaan.

4. Gunakan botol selang, caranya:

  1. Masukkan 1 liter air ke botol
  2. Masukkan Score 1 ml dengan pipet, kemudian tutup.
  3. Pencet dan alirkan ke pohon (arahkan ke batang utama sampai batang atas).

Aplikasikan fungisida ini minimal 1 bulan sekali. Ini juga berlaku untuk pemberian Curacron atau insektisida (di rumah). Kalau untuk penggunaan di kebun, biasanya masih menggunakan sprayer. 

Nah menarik kan tipsnya, sangat berguna buat perawatan anak-anak hijau di rumah. Apakah ada Plant Parent yang baru tahu juga tentang tips ini? Yuk share pengalaman penggunaan fungisida di kolom komentar. Boleh juga share ke social media kamu dan jangan lupa mention @plantstorycom dan @vandana.plant yaa 🙂

0 Comments

Registration isn't required.



By commenting you accept the Privacy Policy

Latest Articles